Marketing Mix Desa Wisata dan UMKM Produk Wayang Kulit Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus: Kampung Wayang Kepuhsari, Manyaran, Wonogiri)

Authors

  • Katniaty Lyly
  • Fani Fidiana Putri
  • Ririn Wahyuningsih
  • Esti Dwi Rahmawati

Keywords:

Marketing Mix, UMKM, Volume Penjual

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan bergesernya seluruh kegiatan manusia menuju New Normal dengan aturan protokol kesehatan yang harus dilaksanakan. Perubahan tatanan hidup baru (New Normal) mengakibatkan turunnya tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat terhadap produk. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penggerak perekonomian nasional harus mampu meningkatkan daya saing melalui pemasaran yang lebih kompetetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis marketing mix meliputi product, price, promotion, place, people, process, physical evidence desa wisata sekaligus penghasil UMKM produk wayang kulit terhadap volume penjualan. Penelitian ini menggunakan dua data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dengan cara melakukan wawancara menggunakan alat kuesioner/angket dengan responden sejumlah 80 responden dan teknik dalam penentuan sampel adalah dengan teknik accidental sampling. Data sekunder merupakan data yang diperoleh dari sumber data yang sudah ada dan relevan seperti jurnal, buku dan tulisan yang mendukung penelitian ini. Penelitian ini menggunakan skala pengukuran yaitu skala likert, metode untuk pengumpulan data dengan cara angket. Teknik analisis untuk data penelitian menggunakan Statistik SPSS. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil secara parsial variabel produk, tempat, orang, dan proses tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel volume penjualan, sedangkan variabel harga, promosi, dan lingkungan fisik berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan dan secara stimultan dari hasil Uji F variabel independent reliabel untuk memprediksi nilai variabel terikat volume penjualan untuk memprediksi variabel independent dari product, price, promotion, place, people, process, physical evidence.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Marketing Mix Desa Wisata dan UMKM Produk Wayang Kulit Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus: Kampung Wayang Kepuhsari, Manyaran, Wonogiri). (2025). Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 3(1), 425-436. https://ojs.udb.ac.id/HUBISINTEK/article/view/2692

Similar Articles

31-40 of 120

You may also start an advanced similarity search for this article.