PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK PADA MASA PANDEMI DI UMKM MEBEL DI KAWASAN DESA WISATA ROTAN TRANGSAN DENGAN ANALISIS SWOT

Authors

  • Fery Wisnu Saputro
  • Tri Wisudawati
  • Indah Wahyu Utami

Keywords:

Pandemi, UMKM, Desa Wisata Rotan Trangsan, SWOT

Abstract

Pandemi covid 19 memberikan dampak ke perajin UMKM di Desa Wisata Rotan Trangsan yang berada di Kabupaten Sukoharjo. Penurunan pejualan membuat beberapa perajin UMKM gulung tikar. Dengan adanya paguyuban perajin UMKM di Desa Wisata Rotan Trangsan, sebanarnya ada beberapa potensi yang bisa di kembangkan dan diimplementasi untuk emningkatkan daya saing produk dimasa pandemi. Melalui analisa bauran pemasaran 4P (Product, Place, Price, Promotion), kondisi Perajin UMKM didefinisikan. Kemudian dengan analisa SWOT kekuatan, kelemahan, peluang dan ancam didentifikasi dan dijabarkan. Setelah itu menghitung bobot dan rating masing-masing kriteria, dimana nilai kriteria terbesar menjadi aspek yang menjadi prioritas dalam usulan perbaikan. Dari hasil perhitungan Analisa SWOT maka dapat diusulkan untuk meningkatkan daya saing produk maka perlu membuat sistem informasi produk yang terintegrasi antar perajin UMKM di Desa Wisata Rotan Trangsan. Selain itu perlu adanya sistem pemasaran yang terintegrasi dan terpusat seperti E-Commerce.

Downloads

Published

2025-03-09

How to Cite

PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK PADA MASA PANDEMI DI UMKM MEBEL DI KAWASAN DESA WISATA ROTAN TRANGSAN DENGAN ANALISIS SWOT. (2025). Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1), 1159. https://ojs.udb.ac.id/HUBISINTEK/article/view/1505

Similar Articles

1-10 of 139

You may also start an advanced similarity search for this article.