STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN UMKM DI GENERASI Z TERHADAP CITRA MERK
Keywords:
UMKM, Generasi Z, PemasaranAbstract
Keju Aroma "Seven Cheese" merupakan usaha yang bergerak di bidang makanan berbahan utama kulit lumpia dan keju. Dengan bermacam-macam toping dapat meningkatkan minat pembeli khususnya kaum muda. Di era ini memberikan pelaku usaha peluang untuk mendirikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ini dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih. Generasi Z menjadi peran penting dalam memanfaatkan serta memberi wawasan terkait mengimplementasikan media sosial secara baik dan tepat. Tujuan dari penelitian ini Generasi Z memberikan kesempatan bagi UMKM dengan adanya kemajuan teknologi sosial media untuk mengembangkan usahanya dengan mudah dan dapat dijangkau oleh konsumen secara luas serta dapat mengetahui pengaruh dari implementasi strategi pemasaran di usaha Keju Aroma "Seven Cheese" dengan memanfaatkan platfom media sosial. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui analisis studi kasus dan observasi. Hasil penelitian pada UMKM menunjukan bahwa pelaku usaha belum sepenuhnya bisa mengimplementasikan strategi pemasaran dengan memanfaatkan platfom media sosial yang ada. Pengaruh media sosial terhadap citra merek membuktikan bahwa keterlibatan media sosial official dapat mempengaruhi citra merek sebuah produk untuk memperkuat keberhasilan peningkatan penjualan usaha.
Kata Kunci: UMKM, Generasi Z, Pemasaran
References
Hanifah, U., & Gunaningrat, R. (2022, September). Analysis of Leverage on Firm Value that is Moderated by Carbon Emission Disclosure. In Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology (pp. 338-343).
Purnomo, S., Nurmalitasari, N., & Nurchim, N. (2024). Digital transformation of MSMEs in Indonesia: A systematic literature review. Journal of Management and Digital Business, 4(2), 301-312.
Okfitasari, A., Rohmah, S. N., & Novianingsih, R. (2022, September). Information Technology and remote audit during covid 19 pandemic. In Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology (pp. 136-144).
Wahyuningsih, T., & Okfitasari, A. (2022). The Conceptual Model Of Crisis Management In Facing The Covid-19 Pandemic For Tourism Destinations. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(3), 2596-2603.
Meikhati, E., & Wahyuningsih, R. (2022, September). FIXED ASSET MANAGEMENT: THE IMPACT ON FIXED ASSETS INTERNAL CONTROL IN INSTITUTIONS OF HIGHER EDUCATION (CASE STUDY: UNIVERSITY DUTA BANGSA SURAKARTA). In Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology (pp. 193-200).
Hanifah, U., Suminah, S., & Permatasari, P. (2023). Pemanfaatan Grup Whatsapp Oleh Petani Hidroponik Soloraya (Kohisora) Sebagai Media Informasi Pertanian. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 19(3), 231-244.
Purnomo, S., & Darodjat, T. A. (2024). An Analysis Of Potential Factors Influencing The Sustainability In Global Economic Sectors. Asia Pacific Journal of Business Economics and Technology, 4(05), 74-87.
Suhatmi, E. C., & Ambarsari, D. (2022). Pengaruh Coorporate Governance, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan ROA Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi dan Pajak, 23(2).
Hanifah, U., Okfitasari, A., & Suyatno, A. (2024). Peningkatan Pendapatan UMKM Kain Etnik Melalui Video Konten. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan Tema ‘Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan untuk Lingkungan Berkelanjutan’ - Diseminasi Pengabdian, pp. 1–23.
Meikhati, E., Okfitasari, A., Wahyuningsih, R., & Oktaviyanti, D. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Profesionalitas Pengelolaan Keuangan Pada Umkm Lintang Kejora Gift di Surakarta. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1).
Okfitasari, A., & Santoso, T. D. (2022). Pelatihan Pengisian SPT Tahunan dan Meningkatkan Kompetensi Perpajakan dengan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan Bagi Guru SMK (PKM pada SMK Negeri 1 Karanganyar). BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1), 32-38.
Purnomo, S., & Purwandari, S. (2024). Analysis of dominant factors in enhancing muslim tourist satisfaction at halal tourism destinations. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 393-406.
Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.
Hanifah, U., & Meikhati, E. (2024). The Existence of Carbon Trading Through Profitability and Carbon Emission Disclosure as a Concretization of Net Zero Emission. In Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology (pp. 361-368).
Okfitasari, A., & Widiastuti, A. (2024). KAJIAN DESKRIPSI SUMBER KEUANGAN DAERAH PASKA OTONOMI DAERAH. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).