Penerapan Analisis SWOT Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Ngemil Pare)
Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan saran
Keywords:
SWOT, UMKM, Kripik PareAbstract
Ngemil Pare merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berlokasi di desa Samben, Gunting, kecamatan Wonosari kabupaten Klaten. Usaha ini didirikan pada tahun 2022, sekitar satu tahun lalu. Untuk saat ini produk utama dari usaha Ngemil Pare adalah kripik pare, suatu inovasi dari sayuran pare yang tidak banyak disukai masyarakat lantaran rasanya yang pahit. Sayuran pare yang digabungkan dengan rempah-rempah menciptakan cita rasa yag unik, enak dan bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan analisis SWOT pada usaha Ngemil Pare. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian pada UMKM Ngemil Pare adalah usaha ini perlu melakukan strategi pemasaran secara online untuk menjangkau lebih banyak orang.
References
Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.
Purnomo, S., Rahayu, E. S., RIANI, A. L., SUMINAH, S., & Udin, U. D. I. N. (2020). Empowerment model for sustainable tourism village in an emerging country. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 261-270.
Purnomo, S., Utami, I. W., & Gill, A. A. (2022). The impact of organizational socialization and career development on intention to change work in public companies in Pakistan. Jurnal Manajemen Bisnis, 13(1), 108-120.