Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus pada Kafe Jamu Sukoharjo
Keywords:
Bauran, Pemasaran, Keputusan, Pembelian, KonsumenAbstract
Tujuan penelitian berikut untuk menganalisis apakah produk, harga, distribusi, dan promosi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kafe Jamu Sukoharjo. Penelitian berikut menggunakan pendekatan kuantitatif serta ruang lingkup atau objek dalam penelitian berikut yaitu pelanggan yang pernah membeli di Kafe Jamu Sukoharjo. Responden berjumlah 30 berasal dari Kecamatan Nguter dan Sukoharjo serta berusia 20-25 tahun. Penelitian menggunakan beberapa teknik analisis seperti uji validitas, reliabilitas dan uji regresi linier berganda. Uji regresi linier berganda menunjukkan sebesar 25,1% variabel keputusan pembelian konsumen diterangkan oleh variabel independen, sisanya 74,9% variabel keputusan pembelian konsumen diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial hanya variabel produk yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan secara simultan semua variabel independen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.