Pengaruh literasi keuangan melalui platfrom media sosial instagram terhadap pengelolaan keuangan generasi Z

Authors

  • Anindhia Renata Ramadhani Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Annisa Lutfia Hermawati
  • Falih Akbar Pratama
  • Triana Triana

Keywords:

Literasi keuangan, Instagram, Generasi Z, Pengelolaan keuangan, Media social

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh literasi keuangan yang disampaikan melalui platform media sosial Instagram terhadap perilaku pengelolaan keuangan Generasi Z. Dengan meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan generasi muda, Instagram telah menjadi saluran informasi yang signifikan dalam menyebarkan pengetahuan keuangan. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 150 responden Generasi Z berusia 18-25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten literasi keuangan di Instagram memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman dan perilaku pengelolaan keuangan Generasi Z. Temuan utama mengindikasikan peningkatan signifikan dalam kesadaran menabung, investasi, dan penganggaran di kalangan responden yang secara aktif mengikuti konten keuangan di Instagram. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pendidik keuangan dan pembuat kebijakan dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat edukasi keuangan yang efektif.

References

Erwin, E., Judijanto, L., Yuliasih, M., Nugroho, M. A., Amien, N. N., & Mauliansyah, F. (2024). Social Media Marketing Trends. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ladamay, A. Z. F., Supriyanto, T., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh media sosial, literasi keuangan, risiko, imbal hasil, dan religiusitas terhadap minat berinvestasi sukuk generasi Z di Jakarta. Islamic Economics Journal, 7(2), 161–185.

Permana, D., Nai, M. C. B., & Saputra, M. R. A. (2024). Pengaruh Kemajuan Digital Terhadap Perubahan Media Investasi Gen Z Pada Mahasiswa UMBY. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(4), 430–434.

Pramudita, D., Simbolon, W., Silalahi, A. I., Pasaribu, M. H., Ariefin, M., Manurung, T. W., Andriani, T., Kesuma, R. F., & Alfanaar, R. (2024). Strategi Edukasi Dan Peningkatan Kesadaran Energi Terbarukan Untuk Generasi Muda Melalui Pemanfaatan Platform Media Sosial Secara Efektif. Nawasena: Journal Of Community Service, 2(01), 24–29.

Putri, T. B., Savitri, C., & Fadilla, S. P. (2024). Pengaruh Konten Pemasaran dan E-Wom pada Media Sosial Tiktok Shop terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kabupaten Karawang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2442–2454.

Rahayu, R. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan digital: studi pada generasi Z di Indonesia. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 74–87.

Rumra, S. A., & Latif, S. S. (2024). Transformasi Penyampaian Pesan Dari Media Cetak ke Media Sosial (Studi Kasus pada Media Cetak Youtube, Instagram dan Tiktok Harian Rakyat Maluku). Journals of Social, Science, and Engineering, 4(1), 1–11.

Sudarmi, S., Syamsuddin, I., Abubakar, H., Fadel, F., & Irliandani, Z. (2024). Pengelolaan Keuangan Generasi Z: Analisis Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(6), 994–1004.

Wijaya, L., Kusuma, I. G. W. A., & Khouroh, U. (2024). PERAN INFLUENCER DALAM INVESTASI CRYPTOCURRENCY: LITERASI KEUANGANDIGITAL MEDIATOR ATAUKAH MODERATOR? Management Sriwijaya: Proceedings of Economic Innovation, 1, 1–10.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Pengaruh literasi keuangan melalui platfrom media sosial instagram terhadap pengelolaan keuangan generasi Z. (2025). Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 5(1), 549-556. https://ojs.udb.ac.id/HUBISINTEK/article/view/4591

Similar Articles

161-170 of 186

You may also start an advanced similarity search for this article.