Analisis Pengaruh 4P Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z
Keywords:
generasi Z, marketing mix, 4P, keputusan pembelian, strategi pemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh elemen-elemen marketing mix 4P (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap keputusan pembelian generasi Z, kelompok konsumen yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Generasi Z memiliki karakteristik unik sebagai digital native yang tumbuh di era teknologi, menjadikan mereka kritis, mandiri, dan cerdas dalam menentukan preferensi pembelian. Dengan menggunakan pendekatan literature review, penelitian ini mengumpulkan data dari berbagai sumber akademik untuk memahami hubungan antara elemen marketing mix dengan perilaku pembelian generasi ini. Temuan menunjukkan bahwa produk berkualitas tinggi yang menawarkan inovasi, keberlanjutan, dan relevansi sosial cenderung menarik perhatian generasi Z. Dalam aspek harga, transparansi, keadilan, dan penawaran nilai lebih menjadi faktor penting yang memengaruhi keputusan mereka. Saluran distribusi yang fleksibel, terutama melalui platform e-commerce yang user-friendly, serta integrasi dengan media sosial menjadi preferensi utama generasi ini. Selain itu, promosi yang bersifat personal, kreatif, dan melibatkan elemen interaktif seperti influencer marketing terbukti efektif dalam memengaruhi keputusan pembelian. Studi ini memberikan wawasan penting bagi perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih relevan dalam menarik perhatian dan membangun loyalitas generasi Z. Penyesuaian terhadap preferensi unik generasi ini dapat meningkatkan daya saing perusahaan dalam pasar yang semakin kompetitif.
Kata Kunci generasi Z, marketing mix, 4P, keputusan pembelian, strategi pemasaran
References
Indraswari, V. N., & Prabantoro, G. (2024). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan
Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Pulau
Jawa). Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 13(6), 131-140.
Ummah, K., & Sopingi, I. (2024). Hubungan Dimensi Islamic Marketing Mix Terhadap
Keputusan Pembelian Produk E–Commerce Pada Generasi Z. Jies: Journal Of Islamic
Economics Studies, 5(3), 193-205
Shadrina, R. N., & Yoestini, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan
Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna
Instagram Dan Tiktok Di Kota Magelang). Diponegoro Journal Of Management, 11(2).
Siregar, D. N. S. I. (2023). Analisis Faktor-Faktor Pendorong Terhadap Keputusan Pembelian
Iphone Pada Generasi Z Dikalangan Mahasiswa Di Medan.
Awuk, M. (2024). Perilaku Konsumsi Generasi Z Dalam Pembelian Produk Makanan Pada
Aplikasi Gojek Di Kota Malang. Jurnal Bistek Pertanian Agribisnis Dan Teknologi
Hasil Pertanian, 11(2), 01-09.
Fitriyah, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Mie Gacoan Dengan Label Halal Dan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi
(Studi Pada Konsumen Muslim Generasi Z Mie Gacoan Di Kota Malang)(Doctoral
Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Aini, S. D. N. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Digital
Payment Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Generasi Z Pengguna E
Commerce Shopee Di Indonesia (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Rulyagustin, A., & Prastiwi, S. K. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer
Rating, Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Sociolla Pada
Generasi Z Di Solo Raya(Doctoral Dissertation, Uin Surakarta).
Nansah, L. A. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Menggunakan Media
Sosialterhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Antis Di Masa Pandemi Covid-19
(Studi Pada Generasi Z Di Desa Jubelan Kec. Sumowono Kab. Semarang)(Doctoral
Dissertation, Universitasmuhammadiyahsemarang).
Yusuf, A. M., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Electronic
Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Paket Berlangganan Netflix
(Studi Pada Generasi Z Kabupaten Karawang). Management Studies And
Entrepreneurship Journal (Msej), 4(5), 5839-5853.