FAKTOR PEMBENTUK NIAT BERBAGI PENGETAHUAN KESEHATAN DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Mahasiswa Kesehatan)
Keywords:
Niat Berbagi Pengetahuan, Energi Emosional, Literasi kesehatan Online, Keinteraktifan Informasi, Modal SosialAbstract
Indonesia merupakan negara kepulauan dengan total penduduk 274,9 juta jiwa,dari total penduduk Indonesia 61,8 persen atau 170 juta jiwa masyarakat Indonesia telah menggunakan media sosial. Studi ini menguji tentang niat berbagi pengetahuan kesehatan dalam penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial oleh masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa digunakan mengerjakan tugas, mengakses email, mencari barang dan jasa, bertransaksi e-commerce, e- banking, media sosial. Penggunaan internet di kalangan anak muda Indonesia umumnya digunakan untuk mengakses media sosial, selain itu juga digunakan untuk mengakses interenet untuk mecari berita dan mendapatkan hiburan. Perluasan yang dilakukan dalam penelitian menambahkan variabel energi emosional, literasi Kesehatan online, keinteraktifan informasi, dan modal sosial dalam membentuk niat berbagi pengetahuan kesehatan di media sosial. Pengambilan data menggunakan kuisioner secara online pada pengguna media sosial sebanyak 200 responden. Hasil pengujian hipotesis menggunakan analisis Structural Equation Modeling metode AMOS menunjukkan energi emosional menjadi penentu dalam membentuk niat berbagi pengetahuan yang pengaruhi oleh literasi kesehatan online, keinteraktifan informasi, dan modal sosial. Hasil ini mengindikasikan individu mempersepsikan media sosial memberikan manfaat, dan memudahkan dalam menggunakan dan mengakses informasi yang ada di internet