Penerapan Digital Marketing di UMKM Kripik Pisang Nickii Etjo Sukoharjo dalam Meningkatkan Omset Penjualan

Authors

  • Yuyun Karima Universitas Duta Bangsa
  • Zefanya Elica Berliana Putri Universitas Duta Bangsa
  • Eko Purwanto Universitas Duta Bangsa

Keywords:

Pemasaran Digital, UMKM, Era Society 5.0, Social Media

Abstract

Di Era Society 5.0 pertumbuhan UMKM mengatasi banyak tantangan, salah satunya mendorong perubahan pola konsumsi barang dan jasa dengan transisi digital dari pemasaran tradisional ke digital. Peningkatan pendapatan menjadi indikasi semakin makmurnya para pelaku UMKM. Tujuan dilakukannya kegiatan penelitian di Kripik Pisang Nickii Etjo (KPNE) untuk mengidentifikasi dan menemukan beberapa alternatif solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi KPNE dalam mengelola kegiatan usahannya. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah observasi partisipatif dan wawancara dengan pengelola dan pelanggan KPNE, serta studi pustaka . Hasil penelitian ini yakni berupa solusi membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan strategi digital marketing di Era Society 5.0 dan dapat mengambil keuntungan finansial dari perubahan teknologi saat ini. Strategi yang dapat dilakukan meliputi: penggunaan social media sebagai media promosi, pelaku UMKM diarahkan mengikuti pelatihan digital marketing, dan pelaku UMKM bisa mengoptimalisasikan branding produknya. untuk itu diharapkan pengelola mampu meningkatkan kapasitas teknologi informasi dalam pengelolaan jejaring sosial sebagai sarana pengenalan produk KPNE.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Karima, Y., Putri, Z. E. B., & Purwanto, E. (2024). Penerapan Digital Marketing di UMKM Kripik Pisang Nickii Etjo Sukoharjo dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 4(1). Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3494