Penerapan Digital Marketing di UMKM Kripik Pisang Nickii Etjo Sukoharjo dalam Meningkatkan Omset Penjualan

Authors

  • Yuyun Karima Universitas Duta Bangsa
  • Zefanya Elica Berliana Putri Universitas Duta Bangsa
  • Eko Purwanto Universitas Duta Bangsa

Keywords:

Pemasaran Digital, UMKM, Era Society 5.0, Social Media

Abstract

Di Era Society 5.0 pertumbuhan UMKM mengatasi banyak tantangan, salah satunya mendorong perubahan pola konsumsi barang dan jasa dengan transisi digital dari pemasaran tradisional ke digital. Peningkatan pendapatan menjadi indikasi semakin makmurnya para pelaku UMKM. Tujuan dilakukannya kegiatan penelitian di Kripik Pisang Nickii Etjo (KPNE) untuk mengidentifikasi dan menemukan beberapa alternatif solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi KPNE dalam mengelola kegiatan usahannya. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah observasi partisipatif dan wawancara dengan pengelola dan pelanggan KPNE, serta studi pustaka . Hasil penelitian ini yakni berupa solusi membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan strategi digital marketing di Era Society 5.0 dan dapat mengambil keuntungan finansial dari perubahan teknologi saat ini. Strategi yang dapat dilakukan meliputi: penggunaan social media sebagai media promosi, pelaku UMKM diarahkan mengikuti pelatihan digital marketing, dan pelaku UMKM bisa mengoptimalisasikan branding produknya. untuk itu diharapkan pengelola mampu meningkatkan kapasitas teknologi informasi dalam pengelolaan jejaring sosial sebagai sarana pengenalan produk KPNE.

References

Hanifah, U., & Gunaningrat, R. (2022, September). Analysis of Leverage on Firm Value that is Moderated by Carbon Emission Disclosure. In Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology (pp. 338-343).

Purnomo, S., Nurmalitasari, N., & Nurchim, N. (2024). Digital transformation of MSMEs in Indonesia: A systematic literature review. Journal of Management and Digital Business, 4(2), 301-312.

Okfitasari, A., Rohmah, S. N., & Novianingsih, R. (2022, September). Information Technology and remote audit during covid 19 pandemic. In Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology (pp. 136-144).

Wahyuningsih, T., & Okfitasari, A. (2022). The Conceptual Model Of Crisis Management In Facing The Covid-19 Pandemic For Tourism Destinations. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(3), 2596-2603.

Meikhati, E., & Wahyuningsih, R. (2022, September). FIXED ASSET MANAGEMENT: THE IMPACT ON FIXED ASSETS INTERNAL CONTROL IN INSTITUTIONS OF HIGHER EDUCATION (CASE STUDY: UNIVERSITY DUTA BANGSA SURAKARTA). In Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology (pp. 193-200).

Hanifah, U., Suminah, S., & Permatasari, P. (2023). Pemanfaatan Grup Whatsapp Oleh Petani Hidroponik Soloraya (Kohisora) Sebagai Media Informasi Pertanian. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 19(3), 231-244.

Purnomo, S., & Darodjat, T. A. (2024). An Analysis Of Potential Factors Influencing The Sustainability In Global Economic Sectors. Asia Pacific Journal of Business Economics and Technology, 4(05), 74-87.

Suhatmi, E. C., & Ambarsari, D. (2022). Pengaruh Coorporate Governance, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan ROA Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi dan Pajak, 23(2).

Hanifah, U., Okfitasari, A., & Suyatno, A. (2024). Peningkatan Pendapatan UMKM Kain Etnik Melalui Video Konten. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan Tema ‘Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan untuk Lingkungan Berkelanjutan’ - Diseminasi Pengabdian, pp. 1–23.

Meikhati, E., Okfitasari, A., Wahyuningsih, R., & Oktaviyanti, D. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Profesionalitas Pengelolaan Keuangan Pada Umkm Lintang Kejora Gift di Surakarta. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1).

Okfitasari, A., & Santoso, T. D. (2022). Pelatihan Pengisian SPT Tahunan dan Meningkatkan Kompetensi Perpajakan dengan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan Bagi Guru SMK (PKM pada SMK Negeri 1 Karanganyar). BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1), 32-38.

Purnomo, S., & Purwandari, S. (2024). Analysis of dominant factors in enhancing muslim tourist satisfaction at halal tourism destinations. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 393-406.

Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.

Hanifah, U., & Meikhati, E. (2024). The Existence of Carbon Trading Through Profitability and Carbon Emission Disclosure as a Concretization of Net Zero Emission. In Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology (pp. 361-368).

Okfitasari, A., & Widiastuti, A. (2024). KAJIAN DESKRIPSI SUMBER KEUANGAN DAERAH PASKA OTONOMI DAERAH. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Karima, Y., Putri, Z. E. B., & Purwanto, E. (2024). Penerapan Digital Marketing di UMKM Kripik Pisang Nickii Etjo Sukoharjo dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 4(1). Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3494