PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DAN ALUMNI UK PETRA ASAL KOTA TARAKAN

Authors

  • Joshua Prayogo Ciakrawinata
  • Evelyn

Keywords:

Financial Literacy, Financial Behavior, Konsumtif, Tarakan

Abstract

Cahyana (1995) mendefinisikan perilaku konsumen sebagai perilaku mengkonsumsi berbagai komoditi yang merupakan sejenis keinginan. Hal ini sesuai dengan pandangan Grinder (1978) bahwa perilaku konsumtif memberikan pemahaman tentang pola hidup manusia, yang dikendalikan dan didorong oleh keinginan untuk memuaskan kebahagiaan semata. Servian (1983) juga mengungkapkan bahwa perilaku konsumtif membuat orang selalu merasa tidak puas dan lebih mementingkan keinginannya sendiri, apapun yang didapatnya. Chita, David, dan Pali (2015) menggambarkan perilaku konsumtif sebagai konsumsi yang tidak dibatasi dan pembelian yang berlebihan.

Downloads

Published

2025-03-09

How to Cite

PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DAN ALUMNI UK PETRA ASAL KOTA TARAKAN. (2025). Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1), 838. https://ojs.udb.ac.id/HUBISINTEK/article/view/1463

Similar Articles

1-10 of 30

You may also start an advanced similarity search for this article.