- Pengembangan Augmented Reality Melalui Metode Flash Card Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Pengembangan Augmented Reality Melalui Metode Flash Card Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Keywords:
Kata Kunci: Augmented Reality, pancasila, integrasi, flash card, metaverseAbstract
Belakangan ini, akibat krisis nasionalisme dan pengetahuan tentang Pancasila, banyak pelajar yang kehilangan jati diri. Hal inilah yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut: (1)Proses Pengembangan Augmented Reality (AR). (2) Penerapan teknologi AR. (3) Hasil pengembangan AR yang dapat digunakan sebagai penunjang metode pembelajaran Pancasila, memenuhi kriteria efektifitas, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pengembangan ini dilakukan dengan tahap analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Evaluasi media terdiri dari aspek-aspek berikut: (1) Tampilan augmented reality tergolong sangat baik. (2) Aspek AR dinilai sangat baik. (3) Pemrograman dinilai sangat baik. (3) Penilaian isi oleh ahli tergolong baik. (4) Aspek desain pembelajaran dinilai cukup baik dan memuaskan.