Perubahan Perilaku Konsumen Aldita Store Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 telah banyak membuat perubahan. Perubahan yang terjadi begitu cepat membuat konsumen mengubah perilakunya dalam memperoleh barang dan jasa. Berdasarkan alasan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi atau gambaran umum tentang situasi yang terjadi pada perubahan perilaku konsumen di saat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan perilaku konsumen pada indikator mencari informasi terkait barang dan jasa sedikit dilakukan dengan mendatangi lokasi disaat pandemi covid-19. Perubahan perilaku konsumen pada indikator membeli barang/jasa sedikit dilakukan dengan mendatangi pasar tradisional atau pun minimarket terdekat disaat pandemi covid -19. Perubahan perilaku konsumen pada indikator menggunakan barang/jasa lebih banyak dilakukan dengan mencuci dan mensterilkan terlebih dahulu disaat pandemi covid-19. Tidak terdapat perubahan perilaku konsumen pada indikator membuang kemasan barang sebelum atau disaat pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perubahan pada perilaku konsumen disaat pandemic Covid -19 pada indikator mencari informasi, menggunakan, dan membeli.