PENINGKATAN KEPUASAN SEBAGAI PENDORONG NIAT UNTUK DILANJUTKAN PENGGUNAAN APLIKASI HALODOC

Authors

  • Indra Suryani
  • Didik Setyawan
  • Nang Among Budiadi

Keywords:

Niat untuk dilanjutkan, kepuasan, kualitas layanan, interaktif yang dirasakan, interaksi manusia ke manusia

Abstract

Masa pandemik Covid-19 merubah perilaku masyarakat dalam mendapatkan layakan kesehatan yang beralih ke online. Studi ini menguji perluasan Technology Acceptance Model (TAM) dalam menggunakan aplikasi kesehatan. TAM tidak relevan lagi dalam penerapan pada studi penerapan aplikasi yang spesifik. Perluasan yang dilakukan menambah variabel pengaruh sosial, perasaan cemas, dan ketersediaan layanan dalam membentuk sikap untuk mempengaruhi niat perilaku. Pengambilan data menggunakan kuisioner secara online pada pengguna aplikasi Halodoc sebanyak 200 responden. Hasil pengujian hipotesis menggunakan analisis Structural Equation Modeling metode AMOS menunjukkan sikap menjadi penentu dalam membentuk niat perilaku yang pengaruhi oleh kegunaan persepsian, kemudahan persepsian, pengaruh sosial, dan ketersediaan layanan, namun bukan dari perasaan cemas. Hasil ini mengindikasikan individu mempersepsikan Halodoc memberikan manfaat, mudah dalam menggunakan, lingkungan sekitar yang mempengaruhi, dan layanan tersedia dengan baik yang mengabaikan rasa cemas dalam menggunakan aplikasi Halodoc pada masa pandemik Covid 19 untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Downloads

Published

2025-03-09

How to Cite

PENINGKATAN KEPUASAN SEBAGAI PENDORONG NIAT UNTUK DILANJUTKAN PENGGUNAAN APLIKASI HALODOC. (2025). Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1), 1166. https://ojs.udb.ac.id/HUBISINTEK/article/view/1506

Similar Articles

181-190 of 540

You may also start an advanced similarity search for this article.