Analisis “Break Even Point (BEP)†Pada Kangen Café di Masa Pandemi
Keywords:
Analisis BEPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis strategi bisnis di Era Normal Baru yang diterapkan oleh Kangen Cafe. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis BEP (Break Even Point). Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik purposive sampling pada pemilik usaha, karyawan, pengunjung Kangen Cafe. Hasilnya kemudian dianalisis menggunakan metode BEP. Hasil penelitian setelah dilakukannya pemisahan biaya tetap, biaya produksi, dan biaya penyusutan alat diperoleh hasil biaya penyusutan alat sebesar Rp.30.000/bulan dan biaya pajak usaha sebesar Rp.1.000.000/bulan. Sehingga hasil penelitian ini menunjukan bahwa total biaya tetap yang dikeluarkan pemilik Café Kangen setiap bulannya adalah sebesar Rp.1.030.000. Hasil analisis yang telah dilakukan oleh Kangen Cafe menunjukkan bahwa strategi bisnis di era new normal ini dapat berjalan dengan lancar dan seimbang di tengah banyaknya pesaing. Dengan adanya pesaing tersebut, menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik usaha untuk menciptakan inovasi untuk mengembangkan usahanya. Bahkan di tengah Era New Normal ini, Kangen Cafe terus melakukan inovasi terbaru dengan menghadirkan produk “Live Music†untuk meningkatkan daya tarik pelanggan