ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BIOMETRIK BPJS PADA RAWAT INAP DI RSUD KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.47701/qc9hv107Keywords:
biometrik, BPJS, efektivitas kebijakan, efisiensi pelayananAbstract
Dalam rangka meningkatkan akurasi dan keamanan identifikasi pasien, BPJS Kesehatan melalui RSUD Kota Bandung menerapkan sistem biometrik (face print dan finger print) sejak 17 Februari 2025 berdasarkan Surat Edaran No. 686-RSUD/2025. Namun, penerapannya di lapangan memunculkan berbagai tantangan teknis dan efisiensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas kebijakan penggunaan biometrik dalam verifikasi pasien BPJS di RSUD Kota Bandung, menilai dampak kebijakan tersebut terhadap efisiensi waktu pelayanan pendaftaran pasien rawat inap, serta membandingkan proses layanan administrasi pasien sebelum dan sesudah diterapkannya kebijakan sesuai Surat Edaran Nomor 686-RSUD/2025. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan petugas pendaftaran, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan biometrik meningkatkan keamanan verifikasi data pasien. Namun, waktu pelayanan bertambah sekitar 10–15 menit per pasien karena jarak loket pendaftaran dengan ruang rawat inap serta keterbatasan jaringan. Terdapat pula penurunan jumlah pasien rawat inap, khususnya pasien BPJS baru dan pasien umum, setelah kebijakan diterapkan. Temuan ini menunjukkan adanya dampak langsung pada efisiensi pelayanan rumah sakit. Kebijakan biometrik dinilai efektif dari sisi keamanan dan validasi data, namun belum efisien dalam pelaksanaannya di lapangan. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan infrastruktur, pelatihan petugas, dan penempatan alat yang strategis untuk meningkatkan efisiensi pelayanan.
Downloads
References
Adhyka, N., Yurizali, B. and Aisyiah, I.K. (2022) ‘Sistem Antrian, Waktu Tunggu, dan Pelayanan Fast Track Rawat Jalan di RS X Kota Padang’, Jurnal Pembangunan Nagari, 07(02), pp. 176–186. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.30559/jpn.v7i2.339.
Ananda, R.R. et al. (2025) ‘Automasi Verifikasi Identitas Pengguna dalam Pengajuan Kartu Kredit Berbasis Biometrik Menggunakan ML Kit’, Jurnal Sisfotenika, 15(01), pp. 55–65. Available at: https://doi.org/10.30700/sisfotenika.v15i1.526.
Anggraini, A.F. (2025) ‘Hambatan Implementasi Rekam Medis Elektronik Di Indonesia Menggunakan Hot-Fit Model : Literature Review’, Jurnal Kesehatan Tambusai, 06(01), pp. 1632–1642. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42039.
Dinas Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (2025) Surat Edaran Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Bandung - Pemanfataan FRISTA, Dinas Rumah Sakit Umum Daerah.
Elvira, S., Widyaningrum, D. and Ilham, N.F. (2024) ‘Review Of The Accuracy Of Disease Diagnosis Codes To Support The Effectiveness Of Electronic Medical Records At Edelweiss Hospital Bandung’, International Conference And Call For Proceedings - Scope of Health, 04(01), pp. 204–210. Available at: https://journal.piksi.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1806.
Endah Rusdiana and Sanjaya, G.Y. (2024) ‘Tantangan Penerapan Rekam Medis Elektronik Untuk Instansi Kesehatan’, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 27(03), pp. 103–109. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jmpk.v27i3.15871.
Hamapa, A.M. et al. (2024) ‘Healthcare Workers’ Perceptions and User Experiences Of Biometric Technology In The Selected Healthcare Facilities In Zambia’, Discover Public Health, 21(47). Available at: https://doi.org/10.1186/s12982-024-00167-0.
Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J. (2014) Qualitative Data Analysis. SAGE Publications. Available at: https://books.google.co.id/books?id=3CNrUbTu6CsC.
Sari, D.P. and Wahab, S. (2024) ‘Analisis Penggunaan Finger Print Guna Menunjang Efektifitas Pelayanan Pasien BPJS Rawat Jalan RSUD Kota Bandung’, PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 08(03), pp. 4682–4686. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.33188.
Sugiyono (2023) ‘Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif)’, Metode Penelitian Kualitatif [Preprint].
Supriadi and Sari, I. (2024) ‘Analisis Efektivitas Pelaksanaan Program UHC Kota Bandung dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di RS X’, INFOKES (Informasi Kesehatan), 08(01), pp. 51–58. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.56689/infokes.v8i1.1412.
Surachman, A. et al. (2024) Komputer dan Masyarakat. 1st edn. Edited by A. Birowo et al. PT. Ganesha Kreasi Semesta. Available at: https://repository.unkris.ac.id/id/eprint/3125/1/039-EBOOK-Komputer dan Masyarakat.pdf.
Suwendra, I.W. (2018) Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan, NilaCakra Publishing House, Bandung. Badung: Nilacakra. Available at: http://repo.stkipahsingaraja.ac.id/4/.
Widyaningrum, D. (2019) Analisis Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Tugurejo Semarang. Unika Soegijapranata Semarang. Available at: https://repository.unika.ac.id/19803/.
Widyaningrum, D., Sarwo, Y.B. and Wibowo, D.B. (2021) ‘Analysis of National Health Insurance Patient Satisfaction on the Quality’, Soepra : Jurnal Hukum Kesehatan, 07(01), pp. 57–74. Available at: https://doi.org/10.24167/shk.v7i1.1992 57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Adrian Fadillah, Desy Widyaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.