OPTIMALISASI MANAJEMEN DALAM UPAYA MENURUNKAN ANGKA PENDING KLAIM PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Yeni Tri Utami Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Warsi Maryati Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Hudzaifah Ahmad Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/infokes.v15i1.4185

Keywords:

pending klaim, faktor penyebab, manajemen

Abstract

Permasalahan pending klaim di Rumah Sakit sebagian besar disebabkan adanya ketidaklengkapan berkas, dan ketidaksesuaian ketepatan kode diagnosis. Rumah Sakit UNS Surakarta diketahui setiap bulan ditemukan sekitar 50-300 berkas klaim BPJS Rawat Inap mengalami pending. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dalam upaya menurunkan angka pending klaim pasien BPJS rawat inap di rumah sakit. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini meliputi koordinator klaim, petugas koder, petugas verifikasi internal dan komite medik (dokter). Objek penelitian yaitu berkas klaim pada Tribulan 1 dan 2 tahun 2024. Instrumen yang digunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, Cheklist. Hasil penelitian menunjukan dari 4213 berkas klaim yang diajukan terdapat 758 berkas klaim (17,99%) mengalami pending, yang dibagi menjadi 3 klasifikasi faktor yaitu Aspek Medis sebanyak 391 berkas (51,58%), kemudian Aspek Koding sebanyak 259 berkas (34,17%) dan Aspek Administrasi sebanyak 108 berkas (14,25%). Proses penanganan pending klaim berdasarkan aspek planning, organizing, actuating, dan controlling masih belum berjalan optimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pembagian deskripsi pekerjaan yang jelas dan belum adanya SOP terkait dengan penanganan pending klaim hanya diwujudkan dalam nota dinas, dalam evaluasi masih secara general dilakukan berdasarkan kasus tetapi belum berdasarkan user yang menyebabkan sehingga belum adanya reward dan punishment bagi petugas yang tidak patuh. Sebaiknya, Rumah Sakit menyusun SOP untuk pengisian berkas persyaratan klaim BPJS, dan membuat pembagian jobdesk yang jelas terutama bagian koding BPJS, serta penerapan RME Rawat Inap segera direalisasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agiwahyuanto, Setyana, Prasetya, dan Anjani, (2022). Tinjauan Penyebab Pengembalian Klaim Rawat Jalan Kasus Radiotherapy di RSUD Tugurejo Semarang Periode Mei Desember Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Vokasional. 7 (2) : 119-128

Fitriani Y, Hidayat B. 2023. Evaluation Of Pending Claims Bakti Timah Karimun Hospital In Assessing The Effectiveness Of The V-Claim Application. Journal of Social Research. 2 (4) :1100-1105

Kurnia E, Mahdalena. 2022. Faktor Penyebab Pending Klaim Bpjs Kesehatan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit X Periode Triwulan I Tahun 2022. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas) Tahun 2022. page: 173-177

Kusumawati dan Pujiyanto. (2020). Faktor – Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap di RSUD Koja tahun 2018. Cermin Dunia Kedokteran (CDK). 47 (1) : 25-28

Listiyawati, Wijayanti R A. 2022. Faktor Penyebab Pending Claim Ranap JKN dengan Fishbone Diagram di RSUP Dr Kariadi. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. 10 (2) : 182-190

Manurung J, Munthe S A, Bangun H A, Putri N. 2020. Analisis Pending Claim Pada Pasien Bpjs Kesehatan Di Rsud Deli Serdang Lubuk Pakam Tahun 2018. Jurnal Teknologi, Kesehatan dan Ilmu Sosial (TEKESNOS). 2 (2) :11-19

Maulida E, Djunawan A. 2022. Analisis Penyebab Pending Claim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Airlangga. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 21(6) : 374-379

Mayori E, Deharja A, Nuraini N, Santi M W. 2021. Upaya Perbaikan Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan Pada Unit Rawat Inap Di Rsia Srikandi Ibi Jember Tahun 2019. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan. 2 (4) : 461-470.

Muroli C, Rahardjo T, Kodyat A. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Pending Klaim Rawat Inap Oleh BPJS Di RSAB Harapan Kita Jakarta Barat Tahun 2019. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit. 4 (1): 191-197

Nabila S F, Santi M W, Deharja A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Akibat Koding Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap Di RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan. 1(4) : 288-296.

Nuraini N, Wijayanti R A, PutrI F, Alfiansyah G, Deharja A, Santi M W. 2019. Optimalisasi Manajemen Penanganan Klaim Pending Pasien Bpjs Rawat Inap Di Rumah Sakit Citra Husada Jember. Jurnal Kesmas Indonesia, 11 (1) : 24-35

Oktamianiza, Reza I. 2022. Tinjauan Ketepatan Kode dengan Pending Klaim Pasien Rawat Inap BPJS Kesehatan di RSUD dr. Adnaan Wd Payakumbuh Tahun 2021. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. 5 (1) : 37-45

Oktamianiza, Yulia Y, Putri K, Rahmadhani, Aditiya. 2022. Faktor Penyebab Pending Klaim Pada Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Rasidin Padang Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Lentera ‘Aisyiyah. 5 (2) : 635-638

Pratama A, Fauzi H, Indira Z, Adi P. 2023. Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap Akibat Koding Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soedirman Kebumen. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda. 8 (1) :124-134

Pemerintahan RI. 2016. Permenkes No. 76 Tahun 2016 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG) dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta

Sander A, Indawati L, Widjaja L, Rumana N A. 2022. Tinjauan Faktor Penyebab Pengembalian Klaim BPJS Pasien Rawat Inap di RSKD Duren Sawit Jakarta Timur Tahun 2021. SEHAT RAKYAT (Jurnal Kesehatan Masyarakat). 1 (4) : 387-398

Santiasih, Simanjorang dan Satria (2021). Analisis Penyebab Pending Klaim Bpjs Kesehatan Rawat Inap Di Rsud Dr.RM Djoelham Binjai. Journal of Healthcare Technology and Medicine. 7 (2) : 1381-1394

Sari I, Rukmini. Pengaruh Kelengkapan Persyaratan Klaim Pasien Bpjs Unit Rawat Inap Terhadap Keterlambatan Klaim Rsud Majalaya. 2022. Jurnal INFOKES. 6 (1) : 14-20

Syafitri E, dan Novita D. 2021. Analisis Keterkalitan Kualitas Koding Diagnosa Pasien Rawat Inap Dengan Dispute Klaim Ina-Cbg’s. Administration & Health Information of Journal. 2 (1) : 43-50

Rohman H, Wintolo A, Susilowati E. 2021. Analisis Penundaan Pembayaran Klaim Pada Sistem Vedika Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Rumah Sakit Nur Hidayah Yogyakarta. Jurnal Wiyata. 8 (1): 72-83

Utami Y, Tominanto, dan Sari. 2022. Faktors Causing Pending Medical Record Claims For Inpatients At Tidar Public Hospital Magelang. Diseminarkan dalam Proceeding of the 3rd International Conference Health, Science And Technology (ICOHETECH). Page: 253-262

Yastori. 2021. Cases of Dispute and Pending Claims in Hospitals in the Era of National Health Insurance. Proceeding 2nd International Conference On Medical Record (ICMR). E-ISSN: 2775-8680. Page: 32-38

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

OPTIMALISASI MANAJEMEN DALAM UPAYA MENURUNKAN ANGKA PENDING KLAIM PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT. (2025). Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 15(1), 30-41. https://doi.org/10.47701/infokes.v15i1.4185