ANALISIS JENIS PENDING BERKAS KLAIM RAWAT INAP DI RSUD TEBET TAHUN 2023

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47701/infokes.v15i1.4001

Keywords:

pending klaim, BPJS kesehatan, 5M

Abstract

Pending klaim adalah pengembalian klaim yang masih tertunda pada situasi dimana belum terdapat kesepakatan antara BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut mengenai aturan koding atau medis. Masalah yang sering terjadi dalam pending klaim adalah ketidaksesuaian data klinis, administrasi, dan koding yang menyebabkan keterlambatan pembayaran klaim rumah sakit. Hal ini dapat berdampak pada arus kas rumah sakit serta meningkatkan beban kerja tenaga administrasi dalam proses verifikasi dan revisi klaim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis pending berkas klaim rawat inap di RSUD Tebet tahun 2023. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu pengembalian berkas klaim BPJS Kesehatan Pasien rawat inap oleh verifikator BPJS pada tahun 2023 sebanyak 617. Penyebab pending klaim rawat inap diklasifikasikan menjadi 3 jenis yaitu pending Klinis sebanyak 343 (56%) , Administrasi sebanyak 197 (32%) dan Koding sebanyak 77 (12%). Berdasarkan Indentifikasi 5M terdapat 4 Faktor yaitu faktor Man : Dokter sering tidak lengkap dalam menulis resume medis dan diagnosa, serta koder tidak selalu mengikuti peraturan BPJS. Methode: Perbedaan jumlah berkas klaim dengan kunjungan pasien, dan keterlambatan hasil pemeriksaan penunjang. Matherial: SIMRS belum terhubung dengan aplikasi klaim, sehingga klaim masih dilakukan secara manual. Machines: Hasil scanner dan cetakan printer yang kurang jelas serta koneksi internet yang tidak stabil. Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan dan sosialisasi bagi dokter dan koder, peningkatan sistem informasi, serta perbaikan kualitas peralatan teknologi agar meminimalisir terjadinya pending klaim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPJS, 2014. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Klaim Tertunda BPJS Kesehatan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Periode Januari – Maret 2016. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(2), 122–134. https://doi.org/10.7454/arsi.v4i2.2564

BPJS, 2018. (n.d.). Panduan Manual Verifikasi Klaim INA-CBG. 20(14), 2940.

Fitra, N. (2017). Determinan Kelengkapan Berkas Rekam Medis Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Bangkinang Kabupaten Kampar Riau Tahun 2016. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara, 1–93.

Halawa, 2019. (2019). Analisis Penyebab Unclaimed Berkas Bpjs Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia (Rsu Ipi) Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 3(2), 480–485. https://doi.org/10.52943/jipiki.v3i2.66

Indawati, L. (2019). Analisis Akurasi Koding Pada Pengembalian Klaim BPJS Rawat Inap Di RSUP Fatmawati Tahun 2016. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.33560/jmiki.v7i2.230

Kemenkes. (2014). Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jaminan Kesehatan Nasional, April, 3–4.

Kemenkes, 2016. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 76 Tahun 2016 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

Kemenkes, 2018. (2018). Peraturan Presiden tentang Jaminan Kesehatan. In Permenkes 2018 (pp. 1–74).

Kemenkes, 2021. (2021). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan. Handbook, 1–56.

Kurnia, E. K., & Mahdalena. (2022). Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Kesehatan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit X Periode Triwulan 1 Tahun 2022. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas), 173–177.

Maliki, A., & Saimi, S. (2018). Analisis Ketidaklengkapan Dokumen Rekam Medis Pada Kasus Rawat Inap Di Rsud Patut Patuh Patju Gerung. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.37824/jkqh.v6i1.2018.8

Manaida, R. J., Rumayar, A., & Kandou, G. D. (2019). Analisis Prosedur Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih GMIM Manado. E-Journal Health, 1–11.

Maulida, E. S., & Djunawan, A. (2022). Analisis Penyebab Pending Claim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Airlangga. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21(6), 374–379. https://doi.org/10.14710/mkmi.21.6.374-379

Megawati, L., & Pratiwi, R. D. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Persyaratan Klaim BPJS Pasien Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1), 36. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27476

Nuraini, N., & Lestari, P. P. (2021). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pengajuan Klaim Rawat Inap ke Verifikator BPJS Kesehatan di RSUD Genteng Banyuwangi. Jurnal Kesehatan, 9(3), 140–149. https://doi.org/10.25047/j-kes.

Nurjannah, N. S., Mudiono, D. R. P., Farlinda, S., & Djasmanto, D. (2022). Determinan Ketepatan Kode Diagnosis Utama di RS Pusat Pertamina Jakarta Selatan. Jurnal Rekam Medik & Manajemen Informasi Kesehatan, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.47134/rmik.v1i1.14

Oktamianiza, Yulia, Y., Putri, K. A., Rahmadhani, & Aditiya. (2022). Faktor Penyebab Pending Klaim Pada Pasien Rawat Inap Di RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Lentera ’Aisyiyah, 5(2), 635–638.

Pitaloka, P., Nurhaeni, A., Rosmawan, H., Studi Kebidanan, P., Mahardika, Stik., & Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, P. (2019). Tinjauan standar pelayanan minimal rekam medis di rumah sakit sumber waras kabupaten cirebon. Jurnak Kesehatan Mahardika, 6(129), 29. www.jurnal.stikesmahardika.ac.id

Pratama, A., Fauzi, H., Nur Indira, Z., & Purnama Adi, P. (2023). Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap Akibat Koding Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soedirman Kebumen. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 8(1), 124–134. https://doi.org/10.52943/jipiki.v8i1.1225

Triatmaja, A. B., Wijayanti, R. A., & Nuraini, N. (2022). Tinjauan Penyebab Klaim Pending Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Rsu Haji Surabaya. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 3(2), 131–138. https://doi.org/10.25047/j-remi.v3i2.2252

Wijaya, D. (2023). Analisis Pengembalian Klaim Bpjs Kesehatan Rawat Inap Di Rumah Sakit Nur Hidayah Kabupaten Bantul. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 120–126. https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/4192

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

ANALISIS JENIS PENDING BERKAS KLAIM RAWAT INAP DI RSUD TEBET TAHUN 2023. (2025). Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 15(1), 50-56. https://doi.org/10.47701/infokes.v15i1.4001