HUBUNGAN PENGETAHUAN CODER DENGAN KEAKURATAN KODE DIAGNOSIS PASIEN RAWAT INAP JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT BERDASARKAN ICD-10 DI RSUD SIMO BOYOLALI

Authors

  • Yeni Tri Utami

DOI:

https://doi.org/10.47701/infokes.v5i1.90

Abstract

Tenaga rekam medis (coder) adalah tenaga rekam medis sebagai seorang pemberi kode bertanggung jawab atas keakuratan kode dari suatu diagnosis yang sudah ditetapkan (Depkes, 2006). Pengetahuan akan tata cara koding serta ketentuan-ketentuan dalam ICD-10 (International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problem Tenth Revision) akan membuat coder dapat menentukan kode dengan lebih akurat.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpengetahuancoder, mendeskripsikankeakuratankode diagnosis, dan menganalisishubungan pengetahuan coder dengan keakuratan kode diagnosis pasien rawat inap jamkesmas berdasarkan ICD-10 di RSUD Simo Boyolali.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan 7 responden dan 93 DRM. Instrument yang digunakan adalah kuesioner, pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar analisis keakuratan dan ICD-10. Analisis data dengan menggunakan uji statistik Chi square α = 0,05.
    Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji statistik Chi square hubungan antara pengetahuan coder dengan keakuratan kode diagnosis didapat hasil ρ value 0,030 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan coder dengan keakuratan kode diagnosis pasien rawat inap jamkesmas berdasarkan ICD-10 di RSUD Simo Boyolali.
Kata kunci    :Pengetahuan Coder, Keakuratan kode, Rawat inap jamkesmas

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-12-03

How to Cite

Tri Utami, Y. (2015). HUBUNGAN PENGETAHUAN CODER DENGAN KEAKURATAN KODE DIAGNOSIS PASIEN RAWAT INAP JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT BERDASARKAN ICD-10 DI RSUD SIMO BOYOLALI. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 5(1). https://doi.org/10.47701/infokes.v5i1.90