PENGARUH KARAKTERISTIK PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI UPTD PUSKESMAS PENUMPING SURAKARTA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47701/infokes.v8i1.197

Abstract

Salah satu indikator utama untuk memantau kualitas pelayanan adalah terpenuhinya harapan pasien atas pelayanan yang diterimanya. Penilaian kualitas pelayanan oleh pasien dipengaruhi oleh beberapa aspek antara lain faktor demografi pasien. Dari data diketahui bahwa jumlah kunjungan pasien rawat jalan di puskesmas Penumping Surakarta saat ini dari tahun ke tahun mengalami penurunan sehingga peneliti ingin melakukan penelitian terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh karakteristik pasien terhadap penilaian kualitas pelayanan rawat jalan Puskesmas Penumping Surakarta. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Penumping Surakarta pada bulan Mei-Juli 2017.  Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Puskesmas Penumping Surakarta. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Quota Sampling. Besar sampel adalah 60 subjek penelitian. Variabel independen penelitian ini meliputi karakteristik pasien sedangkan variabel dependen meliputi kualitas pelayanan. Data variabel independen dan dependen dikumpulkan menggunakan instrument kuesionar. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan regresi logistik ganda dengan program IBM SPSS 22. Hasil statistik menunjukan penilaian kualitas pelayanan dipengaruhi oleh pendidikan pasien (OR = 0.17 ; CI (95%) = 0.04-0.69; p = 0.013), status pekerjaan (OR = 0.19 ; CI (95%) = 0.04-0.81; p = 0.025), dan penilaian kualitas pelayanan tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin (p=0.736), umur (p= 0.573) dan pendapatan pasien (p = 0.843). Kesimpulan yang bisa diambil ialah penilaian kualitas pelayanan dipengaruhi oleh pendidikan pasien dan status pekerjaan, sedangkan jenis kelamin, umur dan pendapatan pasien tidak memengaruhi penilain terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di Puskesmas Penumping Surakarta.

 Keywords: Karakteristik pasien, Rawat jalan, Kualitas pelayanan.     

 

Abstract

Background: An indicator of quality health service is the extent of patient expectation fulfilment. Perceived quality of health services may be influenced by various factors such as patient sociodemographic factors. As statistics have shown, the number of patient visits at Penumping Surakarta Community Health Center has been decresing for the last few years. This study aimed to determine the associations between patient characteristics and the quality of  health services at community health center.  Subjects and Method: This was a quantitative study with cross-sectional design. It was conducted at Penumping Community Health Center, Surakarta, Central Java, from May to July 2017. A sample of 60 patients. The independent variables were patient characteristics of the Community Health Centers selected. The dependent variable was quality of health service. The data were collected using a set of questionnaire and  analyzed using multiple logistic regression. Results: Quality of service was negatively associated with patient education (OR = 0.17 ; CI (95%) = 0.04-0.69; p = 0.013), being employed (OR = 0.19 ; CI (95%) = 0.04-0.81; p = 0.025). Quality of service was not associated with Sex (p=0.736), Age (p= 0.573) and Patient income (p = 0.843). Conclusion: Quality of service at Community Health Care is negatively associated with patient education, being employed and Quality of service was not associated with Sex, Age, and Patient income.

Keywords: patient characteristic, outpatient, quality of services

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afzal M, Rizvi F, Azad AH, Rajput AM, Khan A, Tariq N (2014). Effect of demographic characteristics on patient’s satisfaction with health care facility. J Postgrad Med Inst 28(2):154-60.

Afzal M, Khan A, Rizvi F, Hussain A (2011). Patients Satisfaction Levels in Out Patient Department of a Teaching Hospital. Journal of Islamabad Medical & Dental College (JIMDC) 1211(1):26-29

Alamri A, Rumayar A, Kolibu F. (2015). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Perawat Dan Tingkat Pendidikan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Sitti Maryam Kota Manado. PHARMACONJurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT . 4 (4) : 241-251

Anggriani SW (2016) . Kualitas Pelayanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan Dan Non BPJS Kesehatan. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 5 (2) : 79-84

Bauk I, Kadir AR, Saleh A (2013). Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kualitas Pelayanan: Persepsi Pasien Pelayanan Rawat Inap RSUD Majene Tahun 2013. Stikes Bina Bangsa Majene

Christasani PD, Satibi (2016). Kajian Faktor Demografi Terhadap Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jurnal Farmasi Sains Dan Komunitas 13 (1) : 28-34

Gubernur Jawa Tengah (2016). Keputusan Gubernur Jateng No 560/50 Tahun 2016 tentang Upah Minimum Pada 35 Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017.

Gunarsa, S. (2008). Psikologi Perawatan. Jakarta: Gunung Mulia

Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar

Hatmoko. 2006. Pedoman Kerja Puskesmas, Staf Pengajar IKM Universitas Mulawarman, Makassar.

Ibraheem WA, Ibraheem AB, Bekibele CO (2013). Socio-demographic predictors of patients’ satisfaction. Afr J Med Health Sci 12:87-90.

Kabatooro Angella, Fred Ndoboli & Jane Namatovu (2016). Patient satisfaction with medical consultations among adults attending Mulago hospital assessment centre, South African Family Practice 58 (3) : 87-93

Kelarijani Jafari SE, Jamshidi R, Heidarian AR, Khorshidi M (2014). Evaluation of factors influencing patient satisfaction at social security hospitals in Mazandaran province, North of Iran. Caspian J Intern Med 5(4): 232-234.

Khusnawati. 2010. Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan pada Puskesmas Sungai Durian, Kab.Kubu. JMPK. 2006 hal177-184

Kotler, Philip. (2000). “Marketing Managementâ€. New Jersey : Prentice Hall International

Kusumapradja R, Suandewi N, Germas A. (2013). Analisis Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Karakteristik Pasien, Dan Hambatan Pindah Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan RSUD Cibinong. Forum Ilmiah. 10 (1) : 64-74

Maharlouei N, Akbari M, Akbari M, Lankarani KB 2017. Socioeconomic Status and Satisfaction with Public Healthcare System in Iran. IJCBNM 5(1):22-29

Naseer, M., Zahidie, A., Shaikh, B. T (2012). Determinants of patient's satisfaction with health care system in Pakistan: a critical review. Pakistan Journal of Public Health 2 (2) : 52-61

Oroh M, Rompas s, Pondaag L. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruang Interna RSUD Noongan. http://www.ejournal. unsrat.ac.id/ index.php/jkp/article/ view/ 5220. (Diakses tanggal 5 Februari 2017)

Parasuraman, Zeithaml and Berry. (1985). A Conceptual Model of Service Qualityand Its Implications for Future Research. Journal of Marketing

Parasuraman,A., Zeithaml,V.A. and Berry, L.L. (1988). SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing 4 (1).

Profil Kesehatan Kota Surakarta (2015). Profil Kesehatan Kota Surakarta tahun 2015. Surakarta

Profil Kesehatan Kota Surakarta (2016). Profil Kesehatan Kota Surakarta tahun 2016. Surakarta

Putra I. 2013. Pengertian Umur dan kategori menurut Depkes. https://www.scribd.com/ doc/162685921/usia-menurut-depkes (diakses pada tanggal 8 April 2017)

Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta

Ruditya AN, Chalidyanto D (2015). Hubungan Karakteristik Individu Terhadap Penilaian Kualitas Produk Apotek Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia 3 (2) : 108-117

Schoenfelder, T., Klewer, J., dan Kugler, J., (2010). Factors Associated with Patient Satisfaction in Surgery: The Role of Patients’ Perceptions of Received Care, Visit Characteristics, and Demographic Variables. Journal of Surgical Research, 164: 53–59.

Shah AF, and Baba IA. (2016). Levels of satisfaction of patient treated at Government Dental Hospital with respect to different demographic characteristics. IAIM. 3(10): 192-198

Stefan, M.M., REdjeki, S.G., dan Susilo, H.W., (2014), Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan 2013, Bagian Penelitian STIK Sint Carolus.

Wijayanti,LP, (2009). Analisa Faktor Penentu Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiah Bantul. http://Journal .uii.ac.id/index.php/jkkl/article/files/544/468.

How to Cite

Yeni Tri. (2018). PENGARUH KARAKTERISTIK PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI UPTD PUSKESMAS PENUMPING SURAKARTA. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 8(1). https://doi.org/10.47701/infokes.v8i1.197

Issue

Section

Artikel