Peran Vital Desain Branding dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha dan Mendukung Pertumbuhan UMKM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mukie Ardya Budiarti

Abstract

Abstrak


Penelitian ini berfokus pada UMKM yang bergerak dalam bidang jasa desain dan cetak, karena pertumbuhan ekonomi bergantung pada sektor ini. Penelitian ini menemukan bahwa branding, melalui identitas visual yang menarik, sangat penting untuk membangun hubungan emosional dengan konsumen, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan memasuki pasar baru. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada UMKM Indiestrustsolo untuk menjelaskan proses observasi, hasil, dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa branding memberikan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan jangka panjang. Identitas merek yang unik, melalui desain yang konsisten dan interaksi pelanggan yang aktif, membantu membangun citra merek yang mudah dikenali dan diingat oleh konsumen. Pentingnya konsistensi dalam identitas merek, baik secara visual maupun dalam gaya komunikasi, terbukti sebagai elemen kunci dalam memperkuat hubungan pelanggan dan meningkatkan memori merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan observasi langsung terhadap UMKM Indiestrustsolo. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana branding dapat mempengaruhi daya saing UMKM, terutama dalam konteks desain branding sebagai elemen kunci dalam memasarkan produk atau layanan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi branding yang efektif dapat menjadi kunci keberhasilan UMKM dalam pasar yang dinamis karena mereka dapat memperluas jangkauan pasar, bersaing dengan percaya diri, dan mencapai kesuksesan jangka panjang.


Abstract


This research focuses on MSMEs engaged in design and print services, as economic growth depends on this sector. The research found that branding, through an appealing visual identity, is essential for building emotional connections with consumers, increasing customer trust, and entering new markets. This research uses a case study on MSME Indiestrustsolo to explain the observation process, results, and discussion. The results show that branding provides a strong foundation for long-term growth. A unique brand identity, through consistent design and active customer interaction, helps build a brand image that is easily recognized and remembered by consumers. The importance of consistency in brand identity, both visually and in communication style, is proven to be a key element in strengthening customer relationships and improving brand memory. The method used in this research is qualitative with direct observation of Indiestrustsolo MSMEs. The research aims to evaluate how branding can affect the competitiveness of MSMEs, especially in the context of branding design as a key element in marketing products or services. This research shows that an effective branding strategy can be the key to the success of MSMEs in a dynamic market as they can expand their market reach, compete with confidence, and achieve long-term success.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ardya Budiarti, M. (2024). Peran Vital Desain Branding dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha dan Mendukung Pertumbuhan UMKM. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 4(1). Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3546