Pengaruh Fasilitas, Persepsi Harga Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Objek Wisata Umbul Ponggok Klaten

Authors

  • Soniya Listyo Anggraita Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/bismak.v3i2.2933

Keywords:

Fasilitas, Persepsi Harga, Citra Destinasi, Minat Berkunjung Kembali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tentang fasilitas, persepsi harga dan citra destinasi terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata Umbul Ponggok Klaten. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu fasilitas, persepsi harga dan citra destinasi sebagai variabel independen. Minat berkunjung kembali sebagai variabel dependen

Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wisatawan Umbul Ponggok Klaten. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Sedangkan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 26

Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa  fasilitas, persepsi harga dan citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali pada wisata Umbul Ponggok. Sedangkan hasil uji f fasilitas, persepsi harga dan citra destinasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali pada wisata Umbul Ponggok. Sehingga fasilitas, persepsi harga dan citra destinasi yang baik akan meningkatkan minat berkunjung kembali pada objek wisata Umbul Ponggok Klaten

References

Akbar Eko Kurniawan, Hari Purwanto, Metik Asmike. (2022). Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wiasatawan Pada Mojosemi Forest Park Kabupaten Magetan. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA).

Andi Emmywati Sappewali. (2022). Analisis Daya Tarik dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ulang melalui Keputusan Wisatawan ( Studi Empiris pada beberapa objek wisata di kab Psanngkayu). Repository Universitas Bossowa Makasar.

Arlen.J.L.Makelew, L. M. (2019). Analisis Faktot-faktor yang mempengaruhi Revisit Intention (Minat Kunjung Ulang) Wisatawan pada Objek Wisata Alam Batu Angus di Bitung. Jurnal EMBA, 7(3), 2631-2640.

Aswati L & Sudarso, E. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Akses Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Hotel Hongkong Inn Singkawang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 48-61. Diambil kembali dari http://.ejournal.radenintan.ac.id

Bella Sulistyanda, Liliek Nur Sulistyowati, Rizal Ula Ananta Fauzi. (2022). Pengaruh Pengalaman Pengunjung dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Dengan Keputusan Sebagai Variabel Mediasi Pada Wisatawan Telaga Sarangan. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 4 (SIMBA).

Budi Susanto, Nursamsu. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Desa Wisata Selo Park Nganjuk. Jurnal Riset Entrepreneurship, 20-25.

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng. (2022). Dipetik maret 19, 2022, dari Statistik Pariwisata Jawa Teangah dalam Angka 2022: https://disporapar.jatengprov.go.id/content/files/DRAFT%20BUKU%20STATISTIK%20-%20JAWA%20TENGAH%20DALAM%20ANGKA%202022-1674194591.pdf

Dwi Fitriani. (2021). Pengaruh Lokasi dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung pada Taman Wisata Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. Jurnal IAIN Ponorogo.

Ester Apriliyanti, Syarifah Hudayah & Saida Zainurossalamia Za. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda. Jurnal Manajemen, 145-153.

Erika Revida et.al. (2022). Manajemen Pariwisata. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Fatimah, S. (2019). Analisis Pengaruh Citra Destinasi dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali. Majalah Ilmiah Bahari Jogja. doi:https://doi.org/10.33489/mibj.v17i2.20

Hanief, Shofwan dan Pramana, Dian. (2018). Pengembangan Bisnis Pariwisata dengan Media Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Keller & Kotler. (2016). Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller : Marketing Management (1 ed.). Jakarta: PT Indeks.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2022, mei 30). Diambil kembali dari SIARAN PERS : Indeks Kinerja Pariwisata Indonesia Raih Peringkat ke-32 Besar Dunia Menurut WEF: https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-indeks-kinerja-pariwisata-indonesia-raih-peringkat-ke-32-besar-dunia-menurut-wec

Nurbaeti, M. R. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Harga dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Cipondoh Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(2), 269-278.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 50 Tahun 2011. (2011). Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025.

Prayogi, O. E. (2020). Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung (Studi Pada Wisatawan Pantai Gemah). Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2).

Purba, M. G. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Customer Satisfaction dan Revisit Intention Pada Turis Danau Toba. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Keuangan, 2(3), 891-905.

Purnomo, S., Rahayu, E. S., Riani, A. L., Suminah, S., & Udin.. (2020). Empowerment model for sustainable tourism village in an emerging country. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 261-270.

Utami, I. W., Hastuti, I., Osman, S., & Purnomo, S. (2022). Development of Entrepreneurial Sustainability For Alumni Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 1009-1017.

Purnomo, S., & Gunaningrat, R. (2022). Determinants of Student Interest in Choosing a Study Program. International Journal of Social Science, 1(6), 873-878.

Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.

Ratih Wahyu Wulandari, H. S. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Persepsi Harga dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Wisata Lawu Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 4 (SIMBA), 1-20.

Sari, N. P. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Lokal di Masa Pandemi Ke Daya Tarik Wisata Khusus Kintamani Bali. Journal Of Bali Studies(12).

Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie L. (2018). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Sidanti H. (2018). Analisi Pengaruh Personalia, Produk, Harga. Lokasi, Promosi dan Presentasi (Retailing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Swalayan Alfamidi Jl. Mt. Hariyono Madiun). Jurnal Akuntansi dan Pembelajaran, 7(3).

Siti Lestari, I. K. (2022). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata terhadap Minat Berkunjung Ulang (Studi Kasus Wisatawan Pantai Klayar Pacitan). Journal of Research in Bussiness and Economics, 5(1), 1-31.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Swastha, B dan Handoko. (2018). Manajemen Pemasaran Analisi Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFEE.

Tanjung A, Bintarti S dan Nurpatria E. (2022). Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas, dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Kunjung pada Situ RawaGede. Jurnal IKRAITH-Ekonomika, 146-156.

Yen, T. F. (2020). The Determinates of Revisit Intentions in Wine Cultural Event: The Moderating Role of Experience Authenticity. Asian Journal of Education and Social Studies, 6(4), 27-40. doi:https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v6i430183

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Listyo Anggraita, S. (2023). Pengaruh Fasilitas, Persepsi Harga Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Objek Wisata Umbul Ponggok Klaten. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (BISMAK), 3(2), 93–103. https://doi.org/10.47701/bismak.v3i2.2933