Studi Komparasi Pengaruh Online Rating Dan Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Marketplace (Shopee Dan Tokopedia)
DOI:
https://doi.org/10.47701/bismak.v3i1.1355Keywords:
online, review, keputusan, pembelian, konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh online rating dan online review terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah marketplace Shopee dan Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu kuesioner online dengan google form yang disebar kepada mahasiswa aktif program studi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Kudus melalui media sosial. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling karena populasi mempunyai anggota atau unsur yang tidak homogen atau berstrata secara proporsional. Hasil penelitian ini menunjukkan secara signifikan terdapat pengaruh positif online rating (X1) dan online review (X2) dengan keputusan pembelian konsumen pada marketplace Shopee dan marketplace Tokopedia. Kemudian dilihat dari nilai R Square pada marketplace Shopee sebesar 0.416 yang berarti 41,6% variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan variabel independen yaitu online rating (X1) dan online review (X2). Nilai R Square pada marketplace Tokopedia sebesar 0.397 yang berarti 39,7% variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan variabel independen yaitu online rating (X1) dan online review (X2). Hasil uji beda penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh online rating terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Shopee dan marketplace Tokopedia. Sedangkan pada variabel online review terdapat perbedaan online review terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Shopee dan Tokopedia
References
Auliya, Zakky Fahma, Moh Rifqi, Khairul Umam, and Septi Kurnia Prastiwi. 2017. “Online Customer Review (OTRs) Dan Rating Kekuatan Baru Pada Pemasaran Online Di Indonesia.†89–98.
Ichsan, Masyita, Helni Mutiarsih Jumhur, M. Hum, and Soeparwoto Dharmoputra. 2018. “Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta Effect of Consumer Online Rating and Review To Buying.†E-Proceeding of Management 5(2):1828–35.
John, Ristiyanti dan. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Erlangga.
Sarwandi. 2016. Toko Online Modern Dengan Open Cart. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Septi Nur Megawat, Nana. 2018. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Rating Terhadap Minat Pembelian Pada Online (Studi Kasus : Pelanggan Online Shop Lazada Pada Feb Unila).†Universitas Lampung.
Sri putri ningsih, Eliska. 2019. “Pengaruh Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee.†Skripsi 126(1):1–7.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta CV.
Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tussafinah, Hima. 2013. “Pengaruh Rating Dan Ulasan, Jaminan 100% Pengembalian Dan Layanan Cod Atau Bayar Di Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Lazada.†Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Vania, Fransiska Sudjatmika. 2017. “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com.†Agora 5(1):1–7.
Wardoyo, W., and Intan Andini. 2017. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma.†Jurnal Manajemen Dayasaing 19(1):12. doi: 10.23917/dayasaing.v19i1.5101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ita Rakhmawati Ita Rakhmawati, Selviana Tari Selviana Tari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.