EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA SMP KELAS VIII

Authors

  • Siti Komsatun STMIK Duta Bangsa Surakarta Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran terhadap prestasi matematika dilihat dari motivasi siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah Teams Games Tournament dan Teams Games Tournament berbasis komputer.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Instrumen penelitian ini adalah angket motivasi dan tes prestasi belajar matematika. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Uji komparasi ganda dilakukan apabila H0 ditolak dengan menggunakan metode scheffe’. hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan bahwa (1) siswa yang mendapat pembelajaran TGT berbasis komputer mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang mendapat pembelajaran TGT (2) pada masing-masing kategori motivasi (tinggi, sedang, rendah) mempunyai prestasi belajar matematika yang berbeda jika memperoleh model pembelajaran TGT berbasis komputer dan TGT (3) pada masing-masing kategori model pembelajaran (TGT berbasis komputer dan TGT), siswa dengan masing-masing kategori motivasi (tinggi, sedang, rendah) mempunyai prestasi belajar matematika yang sama. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai landasan teori untuk mengembangkan model pembelajaran matematika yang inovatif, khususnya pada materi pokok phythagoras dan mencari faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar matematika menjadi lebih baik.

Downloads

Published

2015-09-01

Issue

Section

Journals