Pengaruh Media Sosial, Perspektif, Dan Kesadaran Masyarakat dalam Dunia Fashion Sesuai Syariat Islam di Solo Raya

Authors

  • Nabila Kusuma Arista Sofyan Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Dhea Novita Fauzyah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/bismak.v4i1.3779

Keywords:

Media Sosial, Perspektif, Kesadaran, Dunia Fashion

Abstract

ABSTRAK
Di Indonesia fashion muslim pada beberapa tahun terakhir ini mendapat perhatian besar dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi konsumsi fashion muslim di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, prespektif, dan kesadaran dalam dunia fashion muslim sesuai syariat Islam pada masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Karena pendekatan kuatitatif lebih cendrung menggunakan angka baik di dalam pengumpulan maupun di dalam analisis datanya. Dalam penelitian ini digambarkan hubungan antara variabel independen dengan variabel (Y). Variabel dalam penelitian ini adalah Media Sosial (X1), Prespektif (X2), Kesadaran (X3). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Dunia Fashion (Y). Secara parsial pengaruh Media Sosial memiliki pengaruh positif bagi orang yang berminat dalam Dunia Fashion Muslim.
ABSTRACT
Muslim fashion in Indonesia in recent years has received great attention and is widely consumed by the public. There are several things that influence Muslim fashion consumption in Indonesia. This research aims to determine the influence of social media, perspective and awareness in the world of Muslim fashion according to Islamic law on society. The type of research used in this research uses a quantitative approach with descriptive methods. Because a quantitative approach tends to use numerical analysis both in collecting and in the data. In this research, the relationship between the independent variable and the variable (Y) is explained. The variables in this research are Social Media (X1), Perspective (X2), Awareness (X3). Meanwhile, the dependent variable in this research is the World of Fashion (Y). Partially, the influence of Social Media has a positive influence on people who are interested in the Muslim Fashion World.

References

Devi. (2016). Metodologi Penelitian. 49–76.

Dewi, L. K. (2022). 18311209.

Guarango, P. M. (2022). Perkembangan Trend Busana Muslim Wanita di Surakarta tahun 1991-2020

Hasri Yolanda. (2020). Pengaruh Trend Fashion Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Khayla Boutique Di Kota Duri).

Ilyas, M. (2016). Memaknai Fashion Dalam Hukum Islam. Al-Dawlah, 5(1), 133–143.

Oliver, J. (2013). Metode penelitian. Metode Penelitian, 1, 37–54.

Putri, W. (2019). Perspektif remaja putri mengenai jilbab dan implikasinya terhadap perilaku di masyarakat desa dusun baru ii kecamatan karang tinggi kabupaten bengkulu tengah. Skripsi Pendidikan Agama Islam, 105.

Rachmawati, -. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Awal(Studi Kasus Ide Proyeksi Berita DiPekanbaru.Tribunnews.Com).

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Pengaruh Media Sosial, Perspektif, Dan Kesadaran Masyarakat dalam Dunia Fashion Sesuai Syariat Islam di Solo Raya. (2024). Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (BISMAK), 4(1), 58-73. https://doi.org/10.47701/bismak.v4i1.3779