PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN IMPULSE BUYING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Emina Cosmetic Kota Surakarta)

Authors

  • Anisha Miftahul Jannah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Esti Dwi Rahmawati Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/bismak.v4i1.2936

Keywords:

celebrity endorser, brand image, impluse buying, repurchase intention

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, brand image, terhadap repurchase intention dengan impluse buying sebagai variabel intervening. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) yang diberikan kepada 100 responden pengguna produk Emina Cosmetic di Kota Surakarta yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Indikator dari penelitian ini sebanyak 16 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention, brand image berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention, celebrity endorser berpengaruh secara signifikan terhadap impluse buying, brand image berpengaruh secara signifikan terhadap impluse buying, impluse buying berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention, impluse buying mampu memediasi secara signifikan celebrity endorser terhadap repurchase intention dan impluse buying tidak mampu memediasi brand image terhadap repurchase intention.

References

Aw, E. C. X., & Labrecque, L. I. (2020). Celebrity endorsement in social media contexts: understanding the role of parasocial interactions and the need to belong. Journal of Consumer Marketing, 37(7), 895-908.

Basuki, R. A., & Fairuz, N. A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Brand Trust Pada Produk Kosmetik Focalluresebagai Variabel Moderasi. JOURNAL FOR BUSINESS AND ENTREPRENEURSHIP, 5(2).

Cakraningrat, P. B. W. W. (2022). Peran credit card usage dalam online impulse buying di kota denpasar. Juima: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 212-220.

Eliza, Eliza; Mulya, Jumiatul. Pengaruh Celebrity Endorser dan Daya Tarik Iklan terhadap Minat Beli Ulang Shampo Pantene (Studi Kasus Kecamatan Padang Panjang Barat). JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi), 2021, 6.02: 80-88.

Ghozali, H.I & Latan, H. (2015). Partial Least Squares, Konsep, Teknik dan Aplikasi, menggunakan program Smart PLS 3.0. Badan Penerbit-Undip.

Huang, L. C., Gao, M., & Hsu, P. F. (2019). A study on the effect of brand image on perceived value and repurchase intention in ecotourism industry. Ekoloji, 28(107), 283-287.

Jogiyanto, H. & W. Abdillah. (2009). Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: Andi.

Liu, B., Moyle, B., Kralj, A., & Li, Y. (2019). Celebrity endorsement in tourism: Attention, emotional arousal and familiarity. Tourism Management, 98, 104750.

Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Achsa, Andhatu dkk, 2020. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Wisata Desa Taman Bunga Manohara Desa Purwodadi, JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 05 (01). 04. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(01), 04.

Zainal, Z. (2007). Case study as a research method. Jurnal kemanusiaan, 5(1).

Zhang, K. Z., Xu, H., Zhao, S., & Yu, Y. (2018). Online reviews and impulse buying behavior: the role of browsing and impulsiveness. Internet Research.

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN IMPULSE BUYING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Emina Cosmetic Kota Surakarta). (2024). Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (BISMAK), 4(1), 1-10. https://doi.org/10.47701/bismak.v4i1.2936