TRANSFORMASI PELAYANAN REKAM MEDIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PETUGAS DI RUMAH SAKIT PELABUHAN JAKARTA

Authors

  • Forentina Asia Putri Universitas Esa Unggul
  • Daniel Happy Putra Universitas Esa Unggul
  • Laela Indawati Universitas Esa Unggul
  • Muniroh Muniroh Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.47701/infokes.v14i1.3541

Keywords:

transformasi, karakteristik, kinerja, rekam medis, elektronik

Abstract

Kinerja Petugas di unit rekam medis dalam menerapkan rekam medis elektronik dan konvensional menjadi hal yang penting dilakukan bagi setiap instansi pelayanan kesehatan. Dalam pelakasanaan penelitian ini penulis memanfaatkan metode kuantitatif yaitu penelitian dengan analisis berfokus dengan data angka sehingga dapat diolah menggunakan perhitungan statistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik petugas, seperti umur, jenis kelamin, jabatan, lama kerja, latar belakang Pendidikan dan jenis
pekerjaan yang digunakan. serta gambaran kinerja petugas di unit rekam medis dalam menyelenggarakan rekam medis elektronik dan konvensional di Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta. Penelitian deskriptif dilakukan dalam penelitian ini di Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta dengan sampel 28 orang petugas yang mengisi kuesioner ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa karakteristik umur, jenis kelamin, jabatan, lama kerja, latar belakang pendidikan dan jenis pekerjaan yang digunakan. Proses pengumpulan dan
pengolahan data dilakukan melalui kuesioner dan analisis penyajian data menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Program For Social Science) 25. Kinerja orang yang berada di unit rekam medis dengan menggunakan rekam medis elektronik dan konvensional diperoleh nilai minimum sebesar 63 dan nilai maximum sebesar 92. Hasil uji statistik dalam penelitian ini menunjukan bahwa nilai t sebesar 0.196 atau t >0.05 sehingga di dapatkan hasil bahwa tidak ada perbedaan kinerja petugas dalam menerapkan rekam medis elektronik dan rekam medis konvensional di Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti, F. T. (2008). Nilai Guna Rekam Medis. 2, 12–29.

Farhansyah. (2022). Pengaruh Masa Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Pelatihan Kerja Pada Pt. Nusantara Berlian Motor Pekanbaru. Skripsi.

Fauziah, S. M., Rumana, N. A., Dewi, D. R., & Indawati, L. (2020). Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Bhakti Mulia Tahun 2019. Indonesian of Health Information Management Journal, 8(2), 53–58. https://inohim.esaunggul.ac.id/index.php/INO/article/view/205

Gazali, I. (2012). Pelayanan Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) di Kota Semarang. Pemanfaatan Rawat Inap Puskesmas, 6–17.

Hamida. (2020). Kinerja Petugas Terhadap Kehadiran. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

Haniyah, F. (2016). Pengembangan Sistem Literatur manfaat rekam medis. Pengembangan Sistem Literatur Manfaat Rekam Medis, 6–38.

Indawati, L. (2016). Klaim Verifikasi Bpjs Pasien Rawat Inap ( Studi Kasus Pada Penyakit Sistem Sirkulasi Di Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan.

Ismail, I. (2016). Pengaruh Kelengkapan Alat Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 90–101.

Jayanti, K. N., & Dewi, K. T. S. (2021). Dampak Masa Kerja, Pengalaman Kerja, Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JEMBA : Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntansi, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.52300/jemba.v1i2.2986

Karima, A. N. A., Idayanti, & Umar, A. (2018). The Effect of The Work, Training and Motivation to Employee Productivity at PT. Bank Sulselbar Major Branch of Makassar. Hjabe, 1(4), 83–95.

Kemenkes RI. (2009). UU no. 44 Tahun 2009 Tentang RS. Undang-Undang Republik Indonesia, 1, 41. https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2009/uu0442009.pdf

Kemenkes RI. (2020). Standar Profesi Perekam Medis. 1–9.

Kemenkes RI. (2022). PERMENKES 24 2002. 1–20.

Lavinshon, D., Zimmermann, M., A, Nair, S. S., Engineering, C. C. C., Products, W., Dantas, C., Neto, D., Kim, S. J. S. G. S. M. S. S. H., Sholar, G. A., Review, L., Lumpur, K., Lecturer, S., Fonseca, D. J., Moynihan, G. P., Paso, E., Wikipedia, F., Ortiz, O., Castells, F., … Fellowship, W. (2021). Teori Karakteristik Usia Karyawan. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Mangkunegara. (2017). Pengertian Kinerja Menurut para ahli. Edison, 5(3), 248–253.

Moeheriono. (2016). Analisis Balanced Scoredcard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan Pada PT. Taspen (Persero) Kcu Bandung. 8–33.

Mulyono. (2012). Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 1, Nomor 1, April 2012. Karakteristik Personal Auditor Sebagai Anteseden Perilaku Disfungsional Auditor Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Hasil Audit, 1(April), 1–12.

Mustika. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi, Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Variabel Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Gradiska Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2013). Among Makarti, 6(12), 87–111. https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/viewFile/91/74

Damayanti, F. T. (2008). Nilai Guna Rekam Medis. 2, 12–29.

Farhansyah. (2022). Pengaruh Masa Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Pelatihan Kerja Pada Pt. Nusantara Berlian Motor Pekanbaru. Skripsi.

Fauziah, S. M., Rumana, N. A., Dewi, D. R., & Indawati, L. (2020). Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Bhakti Mulia Tahun 2019. Indonesian of Health Information Management Journal, 8(2), 53–58. https://inohim.esaunggul.ac.id/index.php/INO/article/view/205

Gazali, I. (2012). Pelayanan Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) di Kota Semarang. Pemanfaatan Rawat Inap Puskesmas, 6–17.

Hamida. (2020). Kinerja Petugas Terhadap Kehadiran. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

Haniyah, F. (2016). Pengembangan Sistem Literatur manfaat rekam medis. Pengembangan Sistem Literatur Manfaat Rekam Medis, 6–38.

Indawati, L. (2016). Klaim Verifikasi Bpjs Pasien Rawat Inap ( Studi Kasus Pada Penyakit Sistem Sirkulasi Di Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan.

Ismail, I. (2016). Pengaruh Kelengkapan Alat Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 90–101.

Jayanti, K. N., & Dewi, K. T. S. (2021). Dampak Masa Kerja, Pengalaman Kerja, Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JEMBA : Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntansi, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.52300/jemba.v1i2.2986

Susanti Tentrem. (2013). Studi tentang kinerja petugas rekam medis di rumah sakit persatuan djamaah haji indonesia yogyakarta artikel publikasi ilmiah. Studi Tentang Kinerja Petugas Rekam Medis Di Rumah Sakit Persatuan Djamaah Haji Indonesia Yogyakarta.

Triyono, D. A., & Indawati, F. (2018). Analisis Kinerja Petugas Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Ngesrep Dengan Metode Balance Scorecard. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 1(3), 84–94.

Zahroh, N., & Muflihatin, I. (2020). Analisis Kinerja Petugas Dalam Melakukan Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Kalisat. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 456–464. https://doi.org/10.25047/j-remi.v1i4.1995

Mangkunegara. (2017). Pengertian Kinerja Menurut para ahli. Edison, 5(3), 248–253.

Moeheriono. (2016). Analisis Balanced Scoredcard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan Pada PT. Taspen (Persero) Kcu Bandung. 8–33.

Mulyono. (2012). Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 1, Nomor 1, April 2012. Karakteristik Personal Auditor Sebagai Anteseden Perilaku Disfungsional Auditor Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Hasil Audit, 1(April), 1–12.

Mustika. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi, Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Variabel Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Gradiska Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2013). Among Makarti, 6(12), 87–111. https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/viewFile/91/74

Damayanti, F. T. (2008). Nilai Guna Rekam Medis. 2, 12–29.

Farhansyah. (2022). Pengaruh Masa Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Pelatihan Kerja Pada Pt. Nusantara Berlian Motor Pekanbaru. Skripsi.

Fauziah, S. M., Rumana, N. A., Dewi, D. R., & Indawati, L. (2020). Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Bhakti Mulia Tahun 2019. Indonesian of Health Information Management Journal, 8(2), 53–58. https://inohim.esaunggul.ac.id/index.php/INO/article/view/205

Gazali, I. (2012). Pelayanan Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) di Kota Semarang. Pemanfaatan Rawat Inap Puskesmas, 6–17.

Hamida. (2020). Kinerja Petugas Terhadap Kehadiran. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

Haniyah, F. (2016). Pengembangan Sistem Literatur manfaat rekam medis. Pengembangan Sistem Literatur Manfaat Rekam Medis, 6–38.

Indawati, L. (2016). Klaim Verifikasi Bpjs Pasien Rawat Inap ( Studi Kasus Pada Penyakit Sistem Sirkulasi Di Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan.

Ismail, I. (2016). Pengaruh Kelengkapan Alat Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 90–101.

Jayanti, K. N., & Dewi, K. T. S. (2021). Dampak Masa Kerja, Pengalaman Kerja, Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JEMBA : Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntansi, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.52300/jemba.v1i2.2986

Susanti Tentrem. (2013). Studi tentang kinerja petugas rekam medis di rumah sakit persatuan djamaah haji indonesia yogyakarta artikel publikasi ilmiah. Studi Tentang Kinerja Petugas Rekam Medis Di Rumah Sakit Persatuan Djamaah Haji Indonesia Yogyakarta.

Triyono, D. A., & Indawati, F. (2018). Analisis Kinerja Petugas Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Ngesrep Dengan Metode Balance Scorecard. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 1(3), 84–94.

Zahroh, N., & Muflihatin, I. (2020). Analisis Kinerja Petugas Dalam Melakukan Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Kalisat. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 456–464. https://doi.org/10.25047/j-remi.v1i4.1995

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Putri, F. A., Putra, D. H., Indawati, L., & Muniroh, M. (2024). TRANSFORMASI PELAYANAN REKAM MEDIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PETUGAS DI RUMAH SAKIT PELABUHAN JAKARTA. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 14(1), 58–64. https://doi.org/10.47701/infokes.v14i1.3541