Pengaruh Harga dan Kualitas Fitur Shopee Live Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee

Authors

  • Annisa Ita Yulianti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Novita Risma Maharani
  • Yusmaneti Yusmaneti

DOI:

https://doi.org/10.47701/bismak.v3i1.2567

Keywords:

Fitur, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan kualitas fitur shopee live terhadap kepuasan konsumen. Pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada konsumen aplikasi Shopee di Kota surakarta sebanyak 100 lebih orang dengan teknik simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan alat SPSS. Hasil penelitian ini menemukan harga dan kualitas fitur shopee live memengaruhi signifikan terhadap kepuasan konsumen.

References

Amalia, N. R., & Saryadi, S. (2018). PENGARUH KEMUDAHAN AKSES DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SITUS ONLINE TIKET. COM. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 404–414.

Amalia, R. D., & Wibowo, S. (2019). Analisis Siaran Iklan Dan Gratis Ongkos Kirim Sebagai Tipu Muslihat Di Youtube Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada E-Commerce Shopee) Universitas Telkom. EProceedings of Applied Science, 5(2).

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80–103.

Ardiansyah, A., & Nurdin, H. (2020). PENGARUH DISKON DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOP SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA STIE BIMA). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI), 5(2), 136–146.

Basalamah, M. R., & Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(15).

Dirwan, D., Themba, O. S., & Latief, F. (2021). Aspect Purchasing Decisions at Consumers Lazada: Trust, Price, Tagline. JURNAL ECONOMIC RESOURCE, 3(2), 86–93.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176–188.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Hidayat, G., Rachma, N., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas

Islam Malang Angkatan 2016-2018). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(11).

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 109–119.

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim danonline customer ratingterhadapkeputusan pembelian produkfashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.

Iswandari, L. F. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya). Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(1), 89–97.

Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry, S. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(1), 43–51.

Kharismasuni, D., Wibowo, E., & Utami, S. S. (2020). PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK. JURNAL EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN, 20(3).

Khulugi, M. H., Hufron, M., & Hatneny, A. I. (2020). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi kasus konsumen Grab di Kelurahan Pakis Jajar Kab Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(17).

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162–165.

Monintja, R. Y., Mandey, S., & Soegoto, A. S. (2016). Analisis merek, promosi dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di Gelael Swalayan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4).

Pratama, A. P., & Yoedtadi, M. G. (2021). Pengaruh Diskon 9.9 Super Shoping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee. Prologia, 5(1), 204–209.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10.

Purnomo, S., Rahayu, E. S., Riani, A. L., Suminah, S., & Udin.. (2020). Empowerment model for sustainable tourism village in an emerging country. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 261-270.

Utami, I. W., Hastuti, I., Osman, S., & Purnomo, S. (2022). Development of Entrepreneurial Sustainability For Alumni Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 1009-1017.

Purnomo, S., & Gunaningrat, R. (2022). Determinants of Student Interest in Choosing a Study Program. International Journal of Social Science, 1(6), 873-878.

Purnomo, S., Purwandari, S., & Sentosa, I. (2022). Sustainability MSMEs Performance and Income Distribution: Role of Intellectual Capital and Strategic Orientations. Journal of Distribution Science, 20(4), 85-94.

Rumondor, P. W., Tumbel, A. L., & Ogi, I. W. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Dan Mie Toronata Di Kawangkoan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51.

Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 35–43.

Turmono, T., & Fairuz, A. (2020). PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TIKI TEGAL PARANG A258P JAKARTA. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(2).

Turyandi, I. (2021). Kualitas Produk Dan Saluran Distribusi Sebagai Faktor Dominan Dalam Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Di Bandung Raya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 521–533.

Usmiar, U., & Nurhamidah, N. (2019). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PRABAYAR INDOSAT. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 5(1).

Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Ita Yulianti, A., Risma Maharani, N., & Yusmaneti, Y. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Fitur Shopee Live Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (BISMAK), 3(1), 6–13. https://doi.org/10.47701/bismak.v3i1.2567