Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Era Digital

Authors

  • Arista Dewi K. univer
  • Ayu Tika Permadhani univer
  • Isnaini Safitri Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Lutfi Risky Aryanti univer
  • Sri Lestari univer

Keywords:

Layanan, Pelanggan, Era digital

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat saat ini memerlukan masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan teknologi guna mendukung kegiatan sehari-hari. Pemerintah juga harus memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pelayanan sosial. Digitalisasi telah memungkinkan sektor swasta untuk memberikan layanan yang lebih mudah dan efisien, seperti yang terlihat dalam berbagai aplikasi e-government dan layanan jasa. Menurut UU No 25 Tahun 2009, pelayanan publik adalah kegiatan dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi warga negara dan penduduk. Teknologi digital merupakan sistem pemrosesan cepat yang mengubah informasi menjadi nilai numerik. Seiring dengan kemajuan teknologi, terjadi perubahan dalam kualitas dan efisiensi data yang dihasilkan dan dikomunikasikan, termasuk kualitas yang lebih baik, kapasitas yang lebih efisien, dan prosedur pengiriman yang lebih cepat. Data digital menjadi pendukung penting dalam kehidupan nyata.

References

Ritonga & Firdaus, 2024)Kusuma, I. A., Dwi, F., Afifah, N., Ruba, M. G., Yudha Utama, Y., & Kediri, I. (2023). Analisis Manajemen Digital dalam Mengoptimalkan Kinerja Bisnis. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 2(1). https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings

Muhammad, A. M. (2024). Pentingnya Hubungan Bisnis dan Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan di Era Digital. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(5), 53–60.

Paduppai, A. M., Hardyanto, W., Hermanto, A., & Yusuf, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan dan Android di Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 84–89. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/ view/250

Ritonga, R. K., & Firdaus, R. (2024). PENTINGNYA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM ERA DIGITAL THE IMPORTANCE OF MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS IN. 4353–4358.

Srirahayu, A., & Fionita, D. A. (2021). E-Commerce Web Design Analysis For Computer. 2nd International Conference of Health, Science and Technology, 244– 247.

https://www.ojs.udb.ac.id/index.php/icohetech/article/vi ew/1133

Teknologi, T., Pendidikan, B. D., Wijoyo, A., Alwi, C., P, B.

A. Y., A, W. A., & Hadijah, C. (2024). Implementasi Sistem Informasi Manajemen di Industri Perbankan?: Studi Kasus pada Penggunaan Teknologi Digital dalam Meningkatkan Layanan Nasabah. 2(1), 11–15.

Wiranti, N. E., & Frinaldi, A. (2023). Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik dengan Teknologi di Era Digital. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 748–754. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm

Afroh, M. (2019). Artikel Sistem Informasi Manajemen. In Sistem Informasi Manajemen (Issue September, pp. 1– 21).

https://www.researchgate.net/publication/344466315_A RTIKEL_SISTEM_INFORMASI_AKUNTANSI/link/5

f79d53c458515b7cf656e4c/download

Firmansyah, R. F. (2023). Tinjauan Literatur Tentang Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam Proses Transformasi Digital Organisasi. TEKNOBIS: Jurnal Teknologi, Bisnis dan Pendidikan, 1(1), 45-49.

Rulis Setyowati, & Hwihanus Hwihanus. (2022). Peranan Sistem Informasi Manajemen Dalam Penggunaan E- Commerce Dan Kemudahan Pelayanan Konsumen Pt Keramika Indonesia Assaosiasi (Kia). MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 65–81. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i1.88.

Downloads

Published

2024-07-18