Penerapan Regresi Linier Berganda Untuk Memprediksi Harga Laptop Dengan Menggunakan Software Python

Authors

  • Syaiful Nur Wardani Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nurmalitasari Nurmalitasari Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Harga, Laptop, Regresi Linier, Prediksi, Python

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0 saat ini perkembangan produk elektronik dan digital semakin maju pesat dengan berkembangnya suatu produk elektronik terutama laptop yang mempunyai berbagai macam-macam varian dan komponen penyusun yang sangat berkualitas membuat masyarakat ingin membelinya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari website ELS Computer yang berjumlah 65 data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi linier. Regresi liniear adalah metode yang memodelkan variabel dependen dan variabel independen dengan menganalisis hubungan antar variabel-variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan variabel dependennya adalah harga dengan variabel independennya adalah ukuran layar, RAM Storage, dan berat laptop. Tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi harga laptop menggunakan metode regresi linier. Prediksi hasil evaluasi linier dalam nilai MAE,MSE,RMSE,dan MAPE menghasilkan nilai keakuratan prediksi sebesar 0.34.

References

Gujarati, D.N. and Porter, D.C. (2009) Basic Econometrics. 5th Edition, McGraw Hill Inc., New York.

Lutz, M. (1996). Programming Python. O'Reilly Media.

Kothari, C.R. (2004) Research Methodology: Methods and Techniques. 2nd Edition, New Age International Publishers, New Delhi.

Bryman, A. (2016). Social Research Methods (5th ed.). Oxford, 373-374.

Kerlinger, F.N. (1986) Foundations of Behavioral Research. 3rd Edition, Holt, Rinehart and Winston, New York.

Joseph F. Hair, William C. Black, Barry J. Babin, Rolph E. Anderson (2013), Multivariate Data Analysis, Pearson Education Limited,London.

Guido Van Rossum (2015), The Modern Era of Python,IEEE

Edward R. Tufte (1997), Visual Explanations: Images and Quantities, Evidence and Narrative, Graphics Press

Muhammad Sholeh (2022, Penerapan Regresi Linear Ganda Untuk Memprediksi Hasil Nilai Kuesioner Mahasiswa Dengan Menggunakan Python, Jurnal Dinamika Informatika.

Yayan Adrianova Eka Tuah(2020),Implementasi Linear Sederhana Untuk Prediksi Gaji Berdasarkan Pengalaman Lama Bekerja,Jutech

Published

2023-07-25