PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL, FENOLIK TOTAL, DAN ALKALOID TOTAL DALAM EKSTRAK ETANOL HERBA AKAR WANGI (Vetiveria zizanoides L.)

Authors

  • Ellsya Angeline Rawar Universitas Kristen Immanuel
  • Sarah Puspita Atmaja
  • Aloysia Yossy Kurniawati

DOI:

https://doi.org/10.47701/djp.v2i1.1870

Keywords:

Akar Wangi, Flavonoid, Alkaloid, Fenolik, Spektrofotometri UV-Vis

Abstract

Akar wangi (Vetiveria zizanoides L.) adalah herba yang telah diteliti berpotensi untuk mencegah erosi, fitoremediasi, dan insektisida. Namun, golongan senyawa kimia yang dikandung oleh akar wangi belum ditetapkan secara kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan kadar flavonoid total, fenolik total, dan alkaloid total dalam ekstrak etanol herba akar wangi (Vetiveria zizanoides L.). Ekstrak etanol herba akar wangi dibuat dengan cara mengeringkan herba, menyerbukkan herba, dan merendam serbuk selama 24 jam dengan etanol 96%. Setelah direndam selama 24 jam, ekstrak tersebut diuapkan dengan rotary evaporator hingga terbentuk ekstrak kental. Penetapan kadar flavonoid total, fenolik total, dan alkaloid total dalam ekstrak kental tersebut dengan metode spektofotometri UV-Vis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid total, fenolik total, dan alkaloid total dalam ekstrak etanol herba akar wangi adalah 1,86%, 3,3%, dan 0,41%.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Rawar, E. A., Atmaja, S. P., & Kurniawati, A. Y. (2022). PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL, FENOLIK TOTAL, DAN ALKALOID TOTAL DALAM EKSTRAK ETANOL HERBA AKAR WANGI (Vetiveria zizanoides L.). Duta Pharma Journal, 2(1), 61–66. https://doi.org/10.47701/djp.v2i1.1870