PERANCANGAN UI UNTUK MENINGKATKAN UX APLIKASI PERIZINAN ANGKUTAN BARANG DENGAN HEURISTIC EVALUATION
DOI:
https://doi.org/10.47701/dutacom.v18i2.5092Keywords:
UI/UX, Heuristic Evaluation, SUS, Freight Transportation, Department of TransportationAbstract
Dinas Perhubungan Kota Surakarta menyediakan layanan aplikasi perizinan angkutan barang yang berfungsi untuk memberikan izin dispensasi angkutan barang yang masuk di Kota Surakarta. Selain melayani perizinan masuk kota angkutan barang juga berfungsi sebagai pengawasan, pengendalian dan pengaturan operasional untuk mengurangi pelanggaran terkait dengan distribusi angkutan barang di Kota Surakarta. Namun pada pelaksanaannya masih terdapat kendala pada penggunaan aplikasi tersebut, baik dari antarmuka pengguna atau User Interface (UI) maupun dari keterlibatan pengguna atau User Experience (UX) nya. Penelitian ini dilakukan untuk membuat rancangan UI/UX yang baru terhadap aplikasi perizinan angkutan barang Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Rancangan tampilan yang baru meliputi Halaman utama/ homepage, Halaman login, Halaman Registrasi, Halaman Admin dan Halaman Pemohon Izin. Menggunakan metode 10 prinsip heuristic evaluation dan pengujian system usability testing, didapatkan hasil bahwa aplikasi perizinan angkutan barang yang ada saat ini memang masih bisa digunakan, tetapi dengan rekomendasi masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan hasil yang baik untuk rancangan tampilan yang baru dengan nilai akhir pengujian sebesar 73,38 atau masuk di grade B dengan interpretasi sangat baik. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan atau mengkombinasikan dengan metode lain lagi seperti User Centered Design, metode Design Thinking, metode Lean UX, maupun metode Agile untuk pengembangan sistem dalam waktu yang singkat dan interaksi cepat.
References
Andipradana, A., & Hartomo, K. D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum. Jurnal Algoritma, 19(1), 161–172.
Cholil, S. R. (2024). Berkembang dengan Desain Digital: Memahami UI, UX, Dan Figma Secara Komprehensif. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=vUA9EQAAQBAJ
Ekawati, N., Ernawati, T., Setiadi, T., Banyal, N. A., Chandra, R., Thamrin, M., Anshori, M. A. I. A., Safii, M., Kusumah, F. G., Imandeka, E., & others. (2024). Interaksi Manusia dan Komputer. CV. Gita Lentera. https://books.google.co.id/books?id=sB42EQAAQBAJ
Enterprise, J. (2024a). Mahir Desain UI/UX dengan Figma. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=z3klEQAAQBAJ
Enterprise, J. (2024b). Pengantar Desain UI/UX. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=RQYXEQAAQBAJ
Fadhilah, M. I., Aknuranda, I., & Prakoso, B. S. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi berbasis Mobile pada Rindang menggunakan Proses Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(10), 4428–4437.
Firmansyah, Y., Maulana, R., & Hutagalung, D. O. (2021). Implementasi Model Prototipe Dalam Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Sparepart. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 2(1), 63–71. https://doi.org/10.31294/justian.v2i01.366
Fitria, R. (2023). Usability Testing pada M-Commerce dengan Metode Heuristic Evaluation dan UX Test. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=KPPSEAAAQBAJ
Haikal, M., Kusuma, R. S., Nauvanda, S. E., & Safitri, M. (2022). Perancangan User Interface Dan User Experience Pada Web Mb Tours And Travel Bekasi. JIKA (Jurnal Informatika), 6(3), 271. https://doi.org/10.31000/jika.v6i3.6777
Hermawansyah, W., & Kusmara, E. (2022). Perancangan Desain User Interface & User Experience Pada Website Epic Tour Dengan Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Jurnal GERBANG STMIK Bani Saleh, 12(2), 48–55.
Kesuma, D. P. (2021). Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(3), 1615–1626.
Kurniawan, E., Nofriadi, & Nata, A. (2022). Penerapan System Usability Scale (SUS) Dalam Pengukuran Kebergunaan Website Program Studi Di STIMIK Royal. Journal of Science and Social Research, 5(1), 43–49.
Kustanto, P., Bram Khalil, R., & Noe’man, A. (2024). Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Media Pembelajaran Interaktif. Journal of Students‘ Research in Computer Science, 5(1), 83–94. https://doi.org/10.31599/6x0dfz47
Malik, R. A., & Frimadani, M. R. (n.d.). Lean UX: Pemahaman dan Penerapan Metodologi Desain UI yang Efektif. Jejak Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=kbGzEAAAQBAJ
Meisak, D., Hendri, & Agustini, S. R. (2022). Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mediatama Solusindo Jambi. STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.55123/storage.v1i4.1066
Pangkey, M. E. M., Najoan, X. B. N., & Paturusi, S. D. E. (2024). Perancangan UI/UX Website UPT Bahasa menggunakan Heuristic Evaluation dan User Centered Design. Jurnal Teknik Informatika, 19(02), 161–172.
Ramadya, I. A., Wijoyo, S. H., & Perdanakusuma, A. R. (2022). Perancangan User Experience pada Situs Web Rumah Sakit Umum Asri Purwakarta dengan menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(3), 1196–1207.
Respati, G. R. L., & Sensuse, D. I. (2021). Evaluasi Antarmuka Prototype Aplikasi Beranda Layanan Dengan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Restikom : Riset Teknik Informatika Dan Komputer, 3(3), 130–139.
Reswara, R. A. R. (2024). User Interface Design For A Health Service At Pt United Tractors. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 5(1).
Roilan, R. I. W., Yulianto, P. A., & Astuti, Y. (2023). Metode Agile Scrum Dalam Pembuatan Aplikasi Permohonan Informasi E-Ppid Bawaslu. Journal of Information System Management (JOISM), 5(1), 64–69.
Subhan, M., & Indriyanti, A. D. (2021). Penggunaan Metode Heuristic Evaluation sebagai Analisis Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi BCA Mobile. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 02(03), 30–37.
Susila, A. A. N. H., & Arsa, D. M. S. (2023). Analisis System Usability Scale (Sus) Dan Perancangan Sistem Self Service Pemesanan Menu Di Restoran Berbasis Web. Majalah Ilmiah Unikom, 21(1), 3–8.
Sutanto, R. P. (2022). Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra. Nirmana, 22(1), 41–51. https://doi.org/10.9744/nirmana.22.1.41-51
Wibowo, O. A., Andriani, R., Prasetyo, H. A., & Ramadhan, E. W. B. (2022). Perancangan User Interface Untuk Website E-Commerce Helfa Store Dengan Menggunakan Metode Digital Prototyping. Information Technology Journal, 4(1), 25–33.
Yudho Yudhanto, S. A. S. (2024). Panduan UI/UX Aplikasi Digital. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=5zcVEQAAQBAJ