Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Website sebagai Penentuan Siswa Terbaik dengan Metode SAW

Authors

  • Andika Prayoga Siswono Universitas Telkom
  • Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.47701/7wthbq71

Keywords:

Simple Additve Weighting, Sistem Pendukung Keputusan, Siswa Terbaik

Abstract

TK Mambaul Ulum sebagai salah satu instansi pendidikan ingin dapat memiliki website yang berfungsi sebagai media promosi dan agar TK Mambaul Ulum dapat dikenal oleh masyarakat luas banyak proses yang masih dilakukan secara manual termasuk penentuan siswa terbaik juga masih dilakukan dengan cara manual. Proses promosi juga masih menggunakan cara manual dengan cara memasang banner yang ditempatkan pada titik tertentu.pemanfaatan metode SAW terletak pada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh saw. Selain menggunakan metode SAW proses pengujian sistem menggunakan Black Box Testing pengujian ini berfungsi untuk memastikan bahwa sistem yang dikembangkan telah sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna akhir sebelum benar-benar digunakan.Pembuatan website TK Mambaul Ulum yang terintegrasi dengan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan metode SAW memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi proses pemilihan siswa berprestasi. Melalui fitur digital ini, penilaian dapat dilakukan secara objektif berdasarkan kriteria terukur, sehingga mengurangi potensi bias dan mempercepat proses seleksi. berhasil mengembangkan website sistem pendukung keputusan penentuan siswa terbaik pada TK Mambaul Ulum telah berhasil dibangun menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Pengujian black box menunjukkan bahwa semua fitur yang dirancang dalam sistem berfungsi dengan baik.Website berfungsi sebagai sarana media promosi yang dapat meningkatkan visibilitas TK Mambaul Ulum di masyarakat.

References

[1] N. R. Wiwesa, “User Interface dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan,” J. Sos. Hum. Terap., vol. 3, no. 2, hal. 17–31, 2021.

[2] F. N. Ahadiyah, “Perkembangan Teknologi Infomasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” INTERDISIPLIN J. Qual. Quant. Res., vol. 1, no. 1, hal. 41–49, 2024.

[3] A. W. Soejono, A. Setyanto, dan A. F. Sofyan, “Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus: Website UNRIYO),” Respati, vol. 13, no. 1, hal. 29–37, 2018, doi: 10.35842/jtir.v13i1.213.

[4] A. Zarkasih, “Rancang Bangun E-Commerce Berbasis Single Page Application (Spa) Menggunakan Reactjs,” Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Purwokerto, 2022.

[5] B. Intan Nirwana, “Apa Itu Website Statis? Apa Bedanya dengan Website Dinamis?,” Niagahoster Blog, 2023. https://www.niagahoster.co.id/blog/website-statis-adalah/ (diakses 10 Mei 2024).

[6] Desma Aipina dan Harry Witriyono, “Pemanfaatan Framework Laravel Dan Framework Bootstrap Pada Pembangunan Aplikasi Penjualan Hijab Berbasis Web,” J. Media Infotama, vol. 18, no. 1, hal. 36–42, 2022.

[7] A. Gartner dan S. Munir, “Analisis Dan Pengembangan Sistem Desain Asset Untuk Keramik Lantai Berbasiskan Aplikasi Website,” vol. 6, no. 1, hal. 1–6, 2020.

[8] R. I. WIJAYA, “Rancang Bangun Sistem Informasi Tracer Study Berbasis Website Menggunakan Metode Scrum (Studi Kasus: Institut Teknologi Telkom Purwokerto),” Institut Teknologi Telkom Purwokerto, 2023.

[9] M. W. Syakuro, Mubassiran, dan S. Armiati, “Rancang Bangun Aplikasi E-Ticketing Untuk Meningkatkan Pelayanan Bagi Pengunjung Objek Wisata (Studi Kasus : Amazing Art World),” Improv. J. Ilm. Manaj. Inform., vol. 11, no. 2, hal. 24–29, 2019.

[10] M. A. Budiana, D. Singasatia, dan D. Irmayanti, “Analisis Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Penyewaan Alat Outdoor & Booking Online Trip Pendakian Berbasis Website,” Blend Sains J. Tek., vol. 2, no. 2, hal. 144–155, 2023, doi: 10.56211/blendsains.v2i2.348.

[11] S. Ferry, Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan.

Yogyakarta: Yogyakarta : CV Budi Utama, 2020, 2020.

[12] Dahriansah, A. Nata, dan I. R. Harahap, “J-SISKO TECH

Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Pada Aliyah Aras Kabu Agung Tanjungbalai Menggunakan Metode AHP,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput., vol. 86, no. 1, hal. 86–95, 2020.

[13] D. Pribadi, R. A. Saputra, J. M. Hudin, dan Gunawan, Sistem Pendukung Keputusan, 1 ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.

[14] T. Nadeak, A. Rahayu, dan H. Hendrayati, “Innovative Marketing Strategies in the Digital Era: Systematic Literature Review Analysis,” West Sci. Soc. Humanit. Stud., vol. 2, no. 01, hal. 01–08, 2024, doi: 10.58812/wsshs.v2i01.549.

[15] M. M. Utami, “A Systematic Literature Review of Digital Marketing Communication: A Review of Extant Research and Future Directions,” 3rd Jakarta Econ. Sustain. Int. Conf. Agenda, vol. 2023, hal. 63–70, 2023,

[16] Z. Zarnelly, M. Fronita, dan A. P. Afifah, “Implementation of Digital Marketing and Digital Payment in the Community of UMKM Cake Entrepreneurs,” CONSEN Indones. J. Community Serv. Engagem., vol. 5, no. 1, hal. 77–86, 2025, doi: 10.57152/consen.v5i1.2041.

Downloads

Published

2025-07-26