PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING APLIKASI ‘SAYURKU’ SEBAGAI MEDIA PEMASARAN SAYURAN

PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING APLIKASI ‘SAYURKU’ SEBAGAI MEDIA PEMASARAN SAYURAN

Authors

  • Wella Nur Fadillah Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sunan Bonang Tuban
  • Alif Ayu Umiyana Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sunan Bonang Tuban

DOI:

https://doi.org/10.47701/sintech.v4i1.3803

Keywords:

Aplikasi Digital, Digital Marketing, Pemasaran Sayuran

Abstract

Perkembangan dari dunia teknologi informasi telah banyak membantu dan mempermudah kehidupan manusia dari berbagai ragam jenisnya. Salah satu produk dari perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat adalah aplikasi digital. Menurut KBBI, aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna. Perkembangan aplikasi digital ini merambah pemasaran produk-produk agrikultur salah satu contohnya adalah aplikasi Sayurku. Informan dari penelitian ini adalah pemilik dari usaha penjualan sayur secara offline maupun online aplikasi Sayurku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan analisis pendekatan induktif. Aplikasi Sayurku digunakan untuk media pemasaran sayuran secara online, namun tidak hanya sayuran saja tetapi juga keperluan dapur lainya seperti buah, daging, produk olahan, jajanan pasar dan masih banyak lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat digital marketing pada aplikasi Sayurku sebagai media pemasaran sayuran

References

Ditamei, S., 2022. “Startup artinya apa? Ini Ciri, Contoh dan Bedanya dengan Perusahaanâ€. Akses online 17 Mei 2022.

Kholifah, A., 2022. “Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketingâ€. Akses online 16 Mei 2022.

Miladiah, Ayu F., and Sugeng Riyanto. "Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Pemasaran Sayuran oleh Sayurkita.mlg Saat Masa Pandemi Covid 19." Jurnal Indonesia Sosial Sains, vol. 1, no. 3, 2020.

Nurbayzura, Wahyu, et al. "Pengenalan dan pemanfaatan marketplace shopee untuk meningkatkan penjualan UMKM Kelurahan Sananwetan Kota Blitar." Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi 2.2 (2022): 1347-1352.

Purwanto, Riyadi, et al. "Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Informasi Pemasaran Online Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Petani Hortikultura Cilacap." Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat 5.3 (2022): 287-296.

Wahyuni, N., S., A. I. S. M., & Akbar, G. (2019). Pengenalan dan Pemanfaatan Marketplace E- commerce untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 1(6), 31–39.

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING APLIKASI ‘SAYURKU’ SEBAGAI MEDIA PEMASARAN SAYURAN: PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING APLIKASI ‘SAYURKU’ SEBAGAI MEDIA PEMASARAN SAYURAN. (2023). Journal Science Innovation and Technology (SINTECH), 4(1), 25-31. https://doi.org/10.47701/sintech.v4i1.3803