ANALISIS DAN PERANCANGAN IT GOVERNANCE MENGGUNAKAN COBIT VERSI 4.1 DOMAIN PO7 UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN SISTEM INFORMASI

Authors

  • Muhammad Ahlan Politeknik Pratama Mulia Surakarta,

Abstract

Teknologi Informasi (TI), merupakan faktor penting suatu organisasi dalam mencapai tujuan, sehingga sebuah perlu dikembangkan dan diimplementasikan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang IT Governance dalam suatu organisasi menggunakan COBIT 4.1 agar selaras dengan strategi bisnis dan tujuan sebuah organisasi.

Penelitian dilakukan dengan metode kuesioner management awareness, dan kuesioner maturity level yang dikembangkan dari COBIT sebagai pengendali tata kelola TI berstandar internasional. Analisis dari kuesioner management awareness telah berhasil memilih beberapa proses TI untuk dirancang model tata kelolanya. Proses TI hasil penelitian yang terpilih adalah domain PO meliputi PO1, PO7 dan PO10, domain AI meliputi AI3 dan AI4, domain DS meliputi DS5, DS6, DS7 dan DS11 serta domain ME pada ME4. Analisis maturity level telah berhasil menunjukkan tingkat kematangan proses-proses TI terpilih, sehingga dapat diketahui besarnya gap kondisi saat ini dengan target tingkat kematangan yang diinginkan.

Dasar pertimbangan/pembenaran (justification) untuk melakukan upaya perbaikan tingkat kematangan tata kelola TI dalam sebuah organisasi dapat diperoleh dengan melakukan analisis management awareness dan analisis maturity level berdasarkan standar COBIT.

Downloads

Published

2012-09-01

Issue

Section

Journals