SISTEM INFORMASI KARTU RENCANA STUDI DAN KARTU HASIL STUDI ONLINE

Authors

  • Ari Zusnan Fahrudin STMIK Duta Bangsa Surakarta
  • Eko Purwanto STMIK Duta Bangsa Surakarta

Abstract

Sekolah Tinggi Agama Islam MambaulÂ’ulum Surakarta adalah salah satu instansi yang bergerak di bidang pendidikan yang mana pada awal semester melakukan proses pengisian KRS dan pada akhir semester melakukan proses pengisian KHS dan Transkrip dan membuat laporan KHS dan Transkrip yang diberikan kepada mahasiswa. Proses pengisian KRS, KHS dan Transkrip masih semi manual sehingga menyebabkan proses pengisian KRS, KHS dan Transkrip masih lambat.Dalam menyelesaikan masalah tersebut maka penulis merancang suatu sistem informasi KRS dan KHS online. Dalam perancangan ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan format database menggunakan MySQL dan hasil dari laporan dicetak langsung dari browser.

Tahap perencanaan sistem informasi KRS dan KHS online di STAIMUS Surakarta dimulai dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai yaitu agar mahasiswa dapat mengisi KRS secara online dan dosen bisa memberikan nilai KHS secara online kepada mahasiswa. Tahap selanjutnya adalah melakukan analisa terhadap sistem informasi KRS dan KHS online meliputi analisa pengguna dan kebutuhan data. Analisa pengguna terdiri dari administrator, mahasiswa dan dosen. Analisa data yang dibutuhkan meliputi data dosen, data mahasiswa, data jurusan, data mata kuliah.

Tahap selanjutnya adalah membuat rancangan atau desain sistem informasi KRS dan KHS online yang meliputi flowchart sistem yang sedang berjalan dan yang diusulkan, membuat diagram konteks, bagan berjenjang, DAD, perancangan input, perancangan output dan perancangan database.

Hasil akhir dari implementasi sistem KRS dan KHS online adalah laporan yang terdiri dari laporan data dosen, data mata kuliah, data mahasiswa, data mengajar, KHS, transkrip, kartu ujian, daftar nilai, presensi mata kuliah, presensi ujian dan laporan pembelajaran.

Downloads

Published

2012-09-01

Issue

Section

Journals