PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD KELAS 3 (Studi Kasus: MI Muhammadiyah Bekangan)

Authors

  • Anisatul Farida STMIK Duta Bangsa Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran untuk pemahaman konsep matematika siswa SD kelas 3 dengan Macromedia Flash MX. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan mengadopsi model Borg and Gall (1983) dan Dick and Carey (2005). Luaran dari penelitian ini adalah mengembangkan alat media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash MX bagi siswa SD kelas 3. Dalam penelitian ini, peneliti merangkum dan memodifikasi model pengembangan di atas ke dalam empat tahap (1) tahap pendefinisian kebutuhan, (2) tahap desain produk, (3) tahap pengembangan dan evaluasi, (4) tahap produk final. Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika dengan macromedia flash mx yang dibuat memiliki kategori yang baik dari segi materi maupun media. Media pembelajaran matematika ini dapat membantu siswa belajar tentang operasi hitung dan membuat siswa mudah memahami konsep. Siswa lebih mudah memahami materi karena bantuan animasi, warna, dan tampilan yang menarik. Hasil ini secaraumum memberikan manfaat kepada guru dalam pembelajaran menggunakan fasilitas e-learning. Dengan pengembangan media pembelajaran yang menarik maka dapat meningkatkan ketertarikan siswa untuk belajar dan pemahaman konsep matematika.

Downloads

Published

2015-04-01

Issue

Section

Journals