Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Gejala Kerusakan Pada Komputer Menggunakan Metode Forward Chaining

Authors

  • Bondan Wahyu Pamekas Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nibras Faiq Muhammad Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/dutacom.v17i1.3782

Keywords:

Sistem Pakar, Forward Chaining, Diagnosa, Komputer

Abstract

Di dalam disiplin ilmu komputer, kemajuan teknologi komputer yang cepat dapat membantu kehidupan manusia. Salah satu cabang kecerdasan buatan adalah sistem pakar, yang merupakan perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi yang mirip dengan cara seorang pakar berpikir dalam menyelesaikan masalah, membuat keputusan, dan mengambil kesimpulan dari sejumlah fakta. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menyelesaikan masalah kerusakan yang sering terjadi saat menggunakan komputer sehari-hari adalah dengan merancang sebuah sistem pakar untuk mendeteksi gejala kerusakan pada komputer dengan menerapkan metode Forward Chaining. Forward chaining juga dikenal sebagai runtut maju atau pencarian yang dimotori data. Menggunakan kumpulan aturan kondisi-aksi dikenal sebagai forward chaining. Metode ini menggunakan data untuk mengirimkan data ke memori untuk proses yang menghasilkan suatu hasil. Kesimpulan dari penggunaan metode ini diharapkan dapat membantu untuk melakukan diagnosa dan memperbaiki komputer secara mandiri dan berkelanjutan.

References

Anggraini, Y., Indra, M., Khoirusofi, M., Azis, I. N., & Rosyani, P. (2023). Systematic Literature Review : Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Menggunakan Metode Forward Chaining. 1(01), 1–7.

Arzalega, F., Rosalinda, Kamil, R., Sani, A. 2023. Analisa Penerapan Metode Forward Chaining Untuk Mendeteksi Kerusakan Komputer Pada PT. JakPro SBU Pasar Muara Karang. Jurnal Bidang Penelitian Informatika (JBPI).

Dermawan, A., Saputra, E., & Hutagalung, J. E. (2022). Peran Masyarakat Dalam Menaati Hukum Dan Mendukung Perkembangan Teknologi Komputer Dalam Bisnis Digital. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 569–573.

Erni, Affandi Agung Laksono, M. S. (2023). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Sisfotek Global, 10(2), 80.

Handoko, A. R. (2019). Perancangan sistem pakar analisa transaksi keuangan mencurigakan menggunakan metode forward chaining. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer (SIMETRIS), 10(2), 701–712.

Jupri, G. D., & Rosyani, P. (2022). Implementasi Artificial Intelligence Pada Sistem Manufaktur Terintegrasi. 1(02), 140–143.

Pratama, H. S., Efendy, M. P., Roby, M., & Tusakdiyah, S. H. (2022). Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Laptop Atau Komputer Menggunakan Metode Forward Chaining, Jurnal Teknik Informatika.

Saputra, O., Fitri, I., & Esti Handayani, E. T. (2022). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Hardware Komputer Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor Berbasis Website. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 6(2), 234–242.

Susanto, F., Hadi, H. S., & Dinata, R. M. (2023). Application Of Expert System For Identification Of Damage TO Computers With Web Based Forward Chaining Method. Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer Surya Intan (JIIKSI), V10(2).

Taufiq, R., & Sandi, A. P. (2021). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Laptop Dengan Penerapan Metode Forward Chaining, JIKA.

Tusifaiyah, A. L. (2022). Penerapan Metode Forward Chaining Untuk Diagnosa Penyakit Penyebab Stroke. Infos Journal, 14(1), 97.

Wijaya, B. D., Wahyudi, J., & Sudarsono, A. (2021). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan pada Hardware Komputer menggunakan Metode Dempster Shafer. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 06(32), 325–330.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles