Sistem Informasi Unit Rawat Jalan Klinik Pratama Al Mabrur Boyolali Berbasis Web

Authors

  • Yunita Wisda Tumarta Arif Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Tominanto Tominanto Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nabilatul Fanny Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Afiq Setyawan Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/dutacom.v16i1.2496

Keywords:

Sistem Informasi, Pendaftaran, Klinik, Web

Abstract

Rekam medis elektronik adalah rekam medis yang tersimpan secara elektronik yang isinya meliputi data personal, data demografis, data sosial, data klinis / medis. Berdasarkan pendahuluan proses sistem informasi pasien sudah menggunakan sistem komputerisasi tetapi belum ada kunjungan sehingga pelayanan yang diberikan belum maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui alur dan prosedur sistem informasi rawat jalan di Klinik, membangun sistem informasi Rawat jalan di Klinik untuk menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat demi meninkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan metode penelitian deskriptif yang dilakukan dengan metode pengambilan data observasi, dan studi pustaka yang menggunakan pendeketan cross sectional. Obyek yang diteliti meliputi sistem informasi rawat jalan. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengembangan SDLC terdapat lima tahap yaitu analysis, desain sistem, implementasi, testing dan maintenance. Sistem Informasi Rekam Medis diproses dari input data pasien, data dokter, data pemeriksaan, data pembayaran, data pendaftaran. Kemudian data tersebut diolah untuk menghasilkan laporan antara lain laporan data pasien, laporan data pemeriksaan, laporan data pembayaran, laporan data pendaftaran, laporan data poli dan laporan data dokter. Kesimpulannya Sistem Informasi Rawat Jalan di Klinik dapat menghasilkan informasi berupa laporan data pasien, laporan data periksa, laporan data Pendaftaran dan laporan data Pembayaran. Dan saran Untuk pengembangan sistem lebih lanjut yang dapat diusulkan sebagai bahan pertimbangan yaitu sebelum Sistem Informasi Pendaftaran diaplikasikan, perlu adanya sosialisasi dan pelatihan khusus kepada petugas pendaftaran.

References

Budi, Savitri Citra. (2011). Manajemen Unit Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media.

Hafiizh, Muhammad. (2018). Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umi Barokah Boyolali. Skripsi. Surakarta: Citra Medika.

Jogiyanto, 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV, Andi Offset, Yogyakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, Desi Novita. (2018). Sistem Informasi Rekam Medis Pasien Klinik Mulia Klaten. Surakarta: Citra Medika.

Sutanta, Edhy. (2011). Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: ANDI.

Sudra, Rano Indradi. (2013). Rekam Medis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sudra, Rano Indradi. (2017). Rekam Medis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wahana Computer. (2014). Ragam Aplikasi Siap Pakai Menggunakan Php. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI.

Widyantoro, Wiwit Try. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pasien Rawat Jalan Pada Klinik Annisa Di Ciracas. Skripsi. Surakarta: Citra Medika

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-03-06

Issue

Section

Articles