DESAIN ANTARMUKA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS

Authors

  • Yunita Wisda Tumarta Arif
  • Andika Bayu Saputra

Keywords:

Puskesmas, System, Management

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disebut Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014). Untuk itu diperlukan sebuah manajemen pelayanan yang baik di setiap Puskessam. Beberapa puskesmas dikota yang sudah maju sudah didukung dengan manajemen pelayanan yang memuaskan namun dibeberapa daerah dipinggir kota masih perlu dibenahi. Untuk membantu manajemen pelayanan Puskesmas, maka diperlukan sebuah sistem informasi manajemen puskesmas (SIMPUS). Tujuan dari penelitian ini adalah membuat desain antarmuka SIMPUS, yang merupakan sebuah sistem berbasis website yang meliputi data pasien dan petugas, regristrasi, pemeriksaan, rekam medis dan laporan yang diperlukan. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat dimanfaatkan beberapa puskesmas yang membutuhkan sistem yang terkomputerisasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode rancangan bangun dengan pendekatan waterfall, kemudian dalam pembuatan sistem menggunakan framework Codelgniter dengan database My SQL. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi manajemen puskesmas yang terkomputerisasi. Sistem ini dapat bekerja dengan baik karena tidak ada error sistem, serta penyimpanan data dan pengambilan data pada sistem bisa berjalan dengan cepat.

Kata kunci: Puskesmas, Sistem, Manajemen

 

The Public Health Center, hereinafter referred to as the Puskesmas, is a health service facility that organizes first-rate public health and individual health efforts by prioritizing promotive and preventive efforts to achieve the highest level of public health in its working area (Regulation of the Minister of Health of the Republic of Indonesia Number 75 Year 2014). For this reason, a good service management is needed at every Puskessam. Some health centers in developed cities have been supported by satisfactory service management but in some areas on the edge of the city still need to be addressed. To help manage Puskesmas services, a Puskesmas management information system (SIMPUS) is needed. The purpose of this study is to design the SIMPUS interface, which is a website-based system that includes patient data and staff, registration, examination, medical records and reports needed. With the existence of this system, it is expected that several health centers can be utilized which need a computerized system.

               The method used in this study with the design method built with the waterfall approach, then in making the system using the Codelgniter framework with the My SQL database. The results of this study are a computerized health center management information system. This system can work well because there is no system error, and data storage and data retrieval on the system can run quickly.

 

Keywords:  Puskesmas , System, Management

Downloads

Published

2019-03-24