EFEKTIVITAS VERIFIKASI KLAIM BPJS KESEHATAN ANTARA RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP DI RSJD SURAKARTA
Keywords:
BPJS Kesehatan, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Verifikasi Klaim, Efektivitas Verifikasi KlaimAbstract
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan di Indonesia telah mengalami berbagai perbaikan sejak diluncurkan pada 1 Januari 2014, termasuk sistem pembayaran klaim berbasis Indonesia Case Based Groups (INA-CBGs). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas verifikasi klaim BPJS Kesehatan antara rawat jalan dan rawat inap di RSJD Surakarta pada tahun 2022. Metode yang digunakan adalah desain deskriptif kuantitatif dengan analisis data klaim dari laporan resmi rumah sakit. Hasil menunjukkan bahwa klaim rawat jalan jauh lebih dominan dibandingkan rawat inap, dengan total 22.155 klaim rawat jalan dan 2.430 klaim rawat inap. Dari total klaim rawat jalan, 94,4% dinyatakan layak, sedangkan 5,6% dalam status pending. Untuk klaim rawat inap, 95,7% dinyatakan layak, dan 4,0% dalam status pending. Tidak ada klaim yang dinyatakan tidak layak atau mengalami dispute pada kedua kategori. Meskipun klaim rawat inap menunjukkan tingkat kelayakan yang sedikit lebih tinggi, klaim rawat jalan memiliki persentase klaim pending yang lebih tinggi, mengindikasikan perlunya peningkatan efisiensi dalam proses verifikasi klaim rawat jalan. Penelitian ini menyarankan peningkatan teknologi dan pelatihan staf untuk memperbaiki efisiensi verifikasi klaim dan mengurangi klaim pending, guna meningkatkan kepuasan pasien dan efisiensi operasional rumah sakit.
References
Aljunid, S., Nur, A., Sulung, S., Wan Puteh, S.E., Ahmed, Z., Aljunid, S., 2013. Sistem Casemix untuk pemula: Konsep dan aplikasi untuk negara berkembang penerapan di Indonesia.
Alvianitasari, E.F., 2018. EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM VERIFIKASI DI KANTOR (VEDIKA) BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM WILLIAM BOOTH SEMARANG. J. Kesehat. Masy. 6.
Amran, R., 2023. Prosedur BPJS dan Klaim BPJS oleh Rumah Sakit. Health Med. J. 5, 147–154. https://doi.org/10.33854/heme.v5i2.1338
Fadliana, F., Wardhana, A.W., Zainuddin, C., 2023. Implementasi Sistem Pencegahan Kecurangan Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Kota Prabumulih Pada Masa Pandemi Covid 19. J. Jaminan Kesehat. Nas. 3. https://doi.org/10.53756/jjkn.v3i1.124
Maulida, E.S., Djunawan, A., 2022. Analisis Penyebab Pending Claim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Airlangga. MEDIA Kesehat. Masy. Indones. 21, 374–379. https://doi.org/10.14710/mkmi.21.6.374-379
Ni Wayan Arikusnadi, Sudirman, Abdul Kadri, 2020. Studi Penyebab Pengembalian Berkas Klaim BPJS Kesehatan di Rumkit Bhayangkara Palu: A Study of BPJS Health Claim Return Causes in Bhayangkara Hospital, Palu. J. Kolaboratif Sains 3, 159–165. https://doi.org/10.56338/jks.v3i4.1708
Nurdiah, R., Tarmansyah Iman, A., 2016. ANALISIS PENYEBAB UNCLAIMED BERKAS BPJS RAWAT INAP DI RSUD DR. SOEKARDJO TASIKMALAYA. J. Manaj. Inf. Kesehat. Indones. 4. https://doi.org/10.33560/.v4i2.124
Pranayuda, B., Haryanti, I., Utomo, Y., Madiistriyatno, H., 2023. Analisis Penyebab Pending Klaim Pasien BPJS Kesehatan dalam Pengajuan Klaim di Rumah Sakit Umum Persahabatan. Blantika Multidiscip. J. 1, 305–313. https://doi.org/10.57096/blantika.v1i4.44
Santiasih, W.A., Simanjorang, A., Satria, B., 2021. ANALISIS PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN RAWAT INAP DI RSUD DR.RM DJOELHAM BINJAI 7.