ANALISIS Gap PENGARUH PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Authors

  • Vivin Marwiyati Rohmana Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Kusumaningtyas Siwi Artini Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ferlinda Ayu A Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Pelayanan Informasi Obat, Kepuasan pasien dan Analisis Gap

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja tenaga farmasi dengan harapan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.  Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan pada 333 konsumen dengan metode purposive sampling di Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Data dari korelasi antara variabel bebas (jenis informasi obat, sikap tenaga farmasi, kinerja tenaga farmasi, kemampuan berkomunikasi tenaga farmasi dan lama waktu pelayanan informasi obat) dengan variabel tergantung (kepuasan pasien) dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana, analisis regresi berganda dan analisis Gap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta faktor jenis informasi obat, sikap dan kinerja tenaga farmasi, kemampuan berkomunikasi tenaga farmasi dan lama waktu pelayanan informasi obat secara berurutan sebagai berikut 97,1%; 96,9%; 97,4%; 96,5% dan 97,1% yang berarti skor presentasi kepuasan sangat tinggi.  Dan menunjukkan urutan nilai Gap dari yang terbesar hingga yang terkecil pada kelima dimensi sebagai berikut, sikap tenaga farmasi   (-0,11); kinerja tenaga farmasi (-0,09); kemampuan berkomunikasi tenaga farmasi (0,06); jenis informasi obat (-0,1) dan lama waktu pelayanan informasi obat (-0,1).

References

Anief M. 2000. Perinsif dan Dasar Manajemen Pemasaran Umum dan Farmasi, Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Anonim, 2004, Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 1197/Menkes/SK/X/2004 tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Azwar A. 1996. Konsep Mutu Kesehatan Dalam Pelayanan Kesehatan, dalam menuju Pelayanan Kesehatan Yang Lebih Bermutu, 1996. Jakarta: Yayasan Penerbit IDI.

Aditama TY. 2003. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Baroroh F. 2011. Evaluasi Implementasi Pelayanan Informasi Obat Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Kefarmasian.

[Depkes RI]. 2004. Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit.

www.hukor.depkes.go.id

[Departemen Kesehatan Republik Indonesia] 2006. Pedoman Pelayanan Informasi Obat di Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Dida S. 2011. Kemampuan Komunikasi Tenaga Kesehatan Pengaruhi Kesembuhan Pasien. http://www.unpad.co.id/

Juliantini E dan Widayanti S. 1996. Pelayanan Informasi Obat Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo. Prosiding Kongres Ilmiah XI ISFI . 3-6 Juli 1996. Jawa Tengah.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi 13.

Jakarta : Erlangga.

Kotler P., and K.L., Keller, 2006. Marketing Management, 12th ed. Upper Saddle River, New Jersey:Prentice.

Kurniawan WK, Chabib L. 2010. Pelayanan Informasi Obat Teori&Praktek.

Edisi I Yogyakarta. Graha Ilmu.

Nazir M. 1999. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Priyatno D 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Cetakan pertama Yogyakarta : Mediakom.

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles