FAKTOR PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS RAWAT INAP DENGAN PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.3939Keywords:
Faktor penyebab, Pending klaim, Rawat inapAbstract
Berdasarkan hasil survei di RSUD dr. Moewardi jumlah klaim BPJS rawat inap yang mengalami pending sebanyak 4878 berkas (16,29%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab pending klaim BPJS rawat inap pada penerapan rekam medis elektronik di RSUD dr. Moewardi Surakarta. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan retrospektif. Populasi dan Sampel yang digunakan adalah seluruh berkas klaim BPJS rawat inap yang mengalami pending tahun 2023. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Pelaksanaan klaim BPJS rawat inap telah dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur. Faktor penyebab pending klaim diklasifikasikan menjadi 4 faktor yaitu berkas tidak lengkap sebanyak 2995 berkas (61,39 %), ketidaklengkapan berkas penunjang pasien sebanyak 1031 berkas (21,13 %), ketidaktepatan pengodean sebanyak 457 berkas (9,36 %), dan reseleksi diagnosis dan kode yang tidak sesuai dengan kriteria BPJS sebanyak 395 berkas (8,09 %). Dampak dari kasus pending klaim yaitu terjadinya cash flow rumah sakit yang terganggu dan penambahan beban kerja petugas. Upaya dalam mengatasi pending klaim dengan merevisi atau konfirmasi penyebab pending klaim kemudian menelaah kembali dan apabila diperlukan melakukan konfirmasi dengan unit terkait. Sebaiknya RSUD dr. Moewardi melakukan peningkatan koordinasi dengan unit-unit yang terkait mengenai syarat kelengkapan pengajuan klaim sehingga dapat meminimalisir terjadinya pending klaim pada bulan-bulan berikutnya.
References
Amalia, I., Fannya, P., Viatiningsih., dan Rumana, A, N. 2023. Gambaran Prosedur Klaim Peserta Rawat Inap BPJS Kesehatan Di RSPAD Gatot Subroto Tahun 2022. Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia. 3 (4) : 259-276
Amir, I, B.,Suhadi., dan Harun, H. 2020. Identifikasi Penyebab Pengembalian Berkas Klaim BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2020. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan. 1(2), 1–12
Anyaprita, D., Kemal, N., Hartono, B., Fachri, M., Ariyanti, F. 2020. Dampak Keterlambatan klaim BPJS Kesehatan Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura. Jurnal Kesehatan Masyarakat Muhammadiyan. 1 (1) : 2723-4266.
BPJS. 2018. Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Administrasi Klaim Fasilitas Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan.
Gustiana S dan Savitri FW 2022. Analisis Prosedur Klaim BPJS Dan SOP Rawat Inap Guna Menunjang Efektivitas Kerja Pegawai Di PMN Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Jurnal Teras Kersehatan, 5 (1) :40-46.
Irmawati I, Kristijono A, Susanto E, dan Bella Y 2018. Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pasien Rawat Inap Ditinjau Dari Syarat-syarat Pengajuan Klaim Di RSUD R.A Kartini Jepara. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 1(1) : 36-43.
Kementerian Kesehatan RI 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Sistem INA CBGs.
Kementerian Kesehatan RI 2021. Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Administrasi Klaim Fasilitas Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan.
Lestari, W., Trsinantoro, L., & Andayani, N.L.P.E.P. 2021. Gambaran Kinerja Rumah Sakit Sebelum dan Sesudah Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 24 (03): 95-101.
Linda M, dan Rita DP. 2016. Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Persyaratan Klaim BPJS Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Kejuruan. 1(1) : 36-43.
Maulida ES, dan Djunawan A 2022. Analisis Penyebab Pending Claim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Airlangga. Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21 (6) :374-379.
Oktamianiza, Yulia Y, Putri AK, Rahmadhani, dan Aditiya 2022. Faktor Penyebab Pending Klaim Pada Pasien Rawat Inap Di RSUD DR. Rasidin Padang. Jurnal Kesehatan Lentera ‘Aisyiyah. 5 (2) : 635-638
Pemerintah Indonesia. 2014. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Sistem Indonesian Case Base Groups (INA-CBGs). Lembaran Negara Republik Indonesia 2014. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 2016. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Jaminan Kesehatan. Lembaran Negara Republik Indonesia 2016. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 2016. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2016 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBGs) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia 2016. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 2018. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Lembaran Negara Republik Indonesia 2018. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 2021. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2021 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBGs) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia 2018. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 2022. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis. Lembaran Negara Republik Indonesia 2022. Jakarta.
Rahmaningsih & Meiry, D. 2023. Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap Di RS Pusat PERTAMINA Jakarta. Sistem Informasi Polije Repossitory Aset (SIPORA). 6 (1), 2023: 62-73.
Rohman, Wintolo & Susilowati. 2021. Analisis Keterlambatan Pembayaran Klaim Pada Sistem Vedika Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan RS Nur Hidayah Yogyakarta. Jurnal Wiyata. 8 (1), 2021: 72-83.
Santiasih, W. A., Simanjorang, A., & Satria, B. (2022). Analisis penyebab pending klaim BPJS Kesehatan rawat inap di RSUD Dr. RM Djoelham Binjai. Journal of Healthcare Technology and Medicine. 7(2), 1381-1394.