HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA DI ERA DIGITAL

Authors

  • Andriani Mei Astuti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Rovica Probowati Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Yoga Bima Wicaksono Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.3903

Keywords:

remaja, komunikasi keluarga, depresi

Abstract

Masalah kesehatan mental secara global menjadi ancaman serius bagi para remaja yang masih mencari jati diri. Komunikasi antara orang tua dan remaja yang tidak baik dapat menyebabkan dampak negatif seperti perilaku penyimpang, depresi dan perilaku bunuh diri. Tujuan penelitian menganalisa hubungan pola komunikasi keluarga terhadap permasalahan kesehatan mental pada remaja. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan cross sectional design. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Surakarta dengan jumlah sampel 122 orang menggunakan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Revised Family Communication Pattern (RFCP) dan Children Depression Inventory (CDI). Analisis statistik yang digunakan yaitu uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan lebih banyak responden berjenis kelamin perempuan (56,8%), usia terbanyak responden berusia 16 tahun (40,9%), pola komunikasi keluarga responden terbanyak adalah konsensual (61,0%) dan responden yang memiliki gejala depresi (50,6%). Hasil uji pearson chi-square diperoleh nilai p value = 0,003 (< 0,05) sehingga terdapat hubungan pola komunikasi keluarga terhadap kejadian depresi pada remaja. Pola komunikasi orang tua memainkan peran penting dalam membentuk kesehatan mental sehingga perlu di implementasikan dan di integrasikan sedini mungkin. Urgensi kesehatan mental diperlukan sebgai strategi pencegahan dan penanganan yang tepat terhadap permasalahan kesehatan mental terutama depresi dan bunuh diri. Adapun saran bagi orang tua dalam pola mengasuh dengan melakukan dan memperbanyak kegiatan yang positif serta melakukan pantauan penggunaan media sosial.

References

Ansori, Manual, U., Brämswig, K., Ploner, F., Martel, A., Bauernhofer, T., Hilbe, W., Kühr, T., Leitgeb, C., Mlineritsch, B., Petzer, A., Seebacher, V., Stöger, H., Girschikofsky, M., Hochreiner, G., Ressler, S., Romeder, F., Wöll, E., Brodowicz, T., … Baker, D. (2022). No Science, 7(1), 1–8.

Axelta, A., & Abidin, F. A. Depresi pada remaja : Perbedaan berdasarkan faktor biomedis dan psikososial. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa. 2022; 9(1): 34.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Laporan provinsi Riau riskesdas 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan; 2019

Bagas, P., Kamalah, A. D. Gambaran tingkat depresi pada remaja : Literature review. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan. 2021

Barida, M., Hidayah, N., Mappiare, A., Ramli, M., Taufiq, A., & Sunaryono. Development of an instrument of assertive communication scale based on Yogyakarta cultural value. Pegem Journal of Education and Instruction. 2021; 11(4): 100–109.

Desi., Felita, A., Kinasih, A. Gejala depresi pada remaja di sekolah menengah atas. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan. 2020; 8(1): 30-38.

Elisabet, A., Rosmaida, A., Pratama, A., Jonatan, J., Kristiana, K., Teresia, S., & Yunita, S. (2022). Penyalahgunaan Narkoba Dikalangan Remaja: Bahaya, Penyebab, Dan Pencegahannya. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(3), 877–886. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i3.80

Endriyani, S., Lestari, R. D., Lestari, E., & Napitu, I. C. Gangguan mental emosional dan depresi pada remaja. Healthcare Nursing Journal. 2022; 2(4):429–434.

Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Public Speaking Pemuda Sragi Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.581

Fitriani, D., & Abdullah, S.M. Peran orang tua dalam mendukung kesejahteraan psikologis remaja di era digital. Jurnal Universitas Mercu Buana Yogyakarta. 2023

Hamdan, D. F., Umar, A., & Makkau, B. (2023). Edukasi Kesehatan Mental Siswa Melalui Program Literasi Di Sekolah Kota Palopo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 36–47. https://doi.org/10.54066/abdimas.v2i1.262

Herman, F.S., Ulfa, M., Amalia, W. Hubungan jenis pola asuh orang tua dengan tingkat kejadian depresi pada remaja usia 16-18 tahun di sma negeri 2 Bondowoso. Jurnal Kesehatan Jompa. 2023; 2(1).

Howard, C. Knee high to a grasshopper: An exploration of Appalachian youth, family communication patterns, and depression. Theses of James Madison University. 2021

Kjosa, M. The influence of family communication styles on campus experience in college- aged children. Honors Undergraduate Theses University of Central Florida. 2019

Levis, S. C., Mahler, S. V., & Baram, T. Z. (2021). The Developmental Origins of Opioid Use Disorder and Its Comorbidities. Frontiers in Human Neuroscience, 15(February), 1–12. https://doi.org/10.3389/fnhum.2021.601905

Mawaddah, N., & Prastya, A. (2023). Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Remaja Melalui Stimulasi Perkembangan Psikososial Pada Remaja. DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 115–125. https://doi.org/10.58545/djpm.v2i2.180

Melizsa, M. . (2023). Hubungan Komunikasi Efektif Terhadap Kepuasan Pasien Di Apotek K24 Vienna Gading Serpong. JKPharm Jurnal Kesehatan Farmasi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.36086/jpharm.v5i1.1570

Pristianto, A., Hastuti, R. P., Aulia, F., Novitasari, T. H., Putri, B. F. I., & Faiz, C. I. Edukasi program mindfull breathing exercise untuk mengatasi depresi pada remaja di SMA Muhammadiyah kota barat Surakarta. Jurnal Pemantik. 2023; 2(1): 48–54.

Puspitawati, H., & Kusumawati, Pola komunikasi remaja dengan ibu, pola komunikasi ibu dengan guru, pencapaian akademik dan non akademik remaja. 2021.

Putri, F. S., Nazihah, Z., Ariningrum, D. P., Celesta, S., & Herbawani, C. K. Depresi pada remaja di Indonesia : Penyebab dan dampaknya. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes RI Pangkalpinang. 2022; 10(2).

Sucipto, S. M. N. T., & Luqman, Y. Proses komunikasi pada extended family dalam membangun konsep diri anak. Interaksi Online. 2021; 10(1): 1–12.

Sosialita, T. D. (2023). Efektivitas Konseling Online pada Kesehatan Mental Remaja. Universitas Airlangga, 13(1), 69–80. http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v12i2.6424

Stellarosa, Y., & Ikhsano, A. (2021). Pengembangan Keterampilan Komunikasi Melalui Pelatihan Komunikasi Efektif di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Servite, 3(1), 19. https://doi.org/10.37535/102003120212

Suswati, W. S. E., Yuhbaba, Z. N., & Budiman, M. E. (2023). Kesehatan Mental Pada Remaja Di Lingkungan Sekolah Menengah Atas Wilayah Urban Dan Rural Kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(3), 537–544.

Syafitri, D. U., & Rahmah, L. (2024). Program Peningkatan Literasi Kesehatan Mental pada Siswa SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 16–25. https://doi.org/10.30651/aks.v8i1.11700

Wijaya, K. F. (2023). the Influential Impacts of Digital Storytelling Towards the Improvement of Efl Learners’ Speaking Skills. Journal of Research on Language Education, 4(2), 11. https://doi.org/10.33365/jorle.v4i2.2651

Yoanita, D. Pola komunikasi keluarga dimata generasi z. Scriptura. 2022; 12(1): 33-42.

Zhang, Q., Zhang, L., & Lu, H. Parent-adolescent communication and early adolescent depressive symptoms: The roles of gender and adolescents’ age. Frontiers in Psychology. 2021

Zahra, A. P., Agustia, D., Sujana, D. Y., Lestari, S. L., Patimah, P., Studi, P., & Nusantara, S. P. (2023). Komunikasi Terapeutik Pada Remaja Yang Mengalami Kekerasan Seksual Therapeutic Communication in The Problems of Adolescents Who Experience Sexual Violence. 2(3), 161–172. https://jurnal.ruangide.org/JKM

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles