SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN BERBASIS ANDROID KLINIK PRATAMA ARY FARMA

Authors

  • Muhammad Arif Ali Hakim Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Khoirul Mustofa Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Agung Suryadi Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.2883

Keywords:

sistem pendaftaran online, rawat jalan, PHP, MySQL, SDLC, android

Abstract

Era digitalisasi sudah jauh berkembang pesat yakni pada bidang teknologi informasi termasuk pada bidang pelayanan kesehatan. Salah satunya adalah perancangan sistem pendaftaran online pasien rawat jalan berbasis android di Klinik Pratama Ary Farma Jaten Karanganyar. Pada awalnya sistem pendaftaran yang dilaksanakan di Klinik Pratama Ary Farma masih menggunakan cara konvensional. Maka dari itu apabila klinik yang cukup ramai dikunjungi oleh pasien tidak melakukan pendaftaran secara cepat dan efektif akan menimbulkan antrian yang cukup banyak.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Dengan identifikasi variabel alur pendaftaran rawat jalan, data pasien, data dokter, data poliklinik, data jadwal polklinik, data jadwal praktek dokter, data petugas pendaftaran dan data pendaftaran. Pendekatan yang digunakan adalah cross sectional. Dan menggunakan metode pengembangan sistem SDLC (System Development Life Cycle).

Perancangan Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Berbasis Android Klinik Pratama Ary Farma dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL terdiri dari tabel data pasien, data dokter data poliklinik, data jadwal poliklinik, data jadwal praktek dokter poliklinik, data petugas pendaftaran, dan data pendaftaran. Output yang dihasilkan adalah laporan-laporan dari semua master data serta laporan kunjungan pasien berdasarkan tanggal pendaftaran pasien.

Sistem pendaftaran pada Klinik Pratama Ary Farma Jaten belum terkomputerisasi sehingga menyebabkan proses pendaftaran  kurang efektif dimana ketika pasien tidak membawa kartu periksa pasien atau KIB akan menghambat proses pendaftaran karena harus mencari data pasien terlebih dahulu. Sebaiknya sistem pendaftaran online pasien rawat jalan berbasis android di Klinik Pratama Ary Farma diterapkan dan dikembangkan agar pelayanan yang diberikan kepada pasien lebih efektif dan efisien dimana pasien bisa mendaftar dari rumah menggunakan android/smartphone untuk mengurangi timbulnya antrian panjang

References

Depkes RI. 2006. Pedoman Penyelenggaraan Rekam Medis dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik

Notoatmodjo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogayakrta: Rineka Cipta

Republik Indonesia.2022. Permenkes No. 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis. Lembaran Negara RI Tahun 2022 . Jakarta

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles