APLIKASI KUISEONER PENGOLAH DATA PENILAIAN PEGAWAI PADA PUSKESMAS KEBAKKRAMAT 2 KARANGANYAR

Authors

  • Khoirul Mustofa Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Muhammad Alvin Yufiano Firdaus Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.2870

Keywords:

puskesmas, penilaian, pegawai, aplikasi

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu instansi kesehatan yang bertugas menjaga kesehatan masyarakat. Dalam pemenuhan tugasnya, Puskesmas melakukan kegiatan-kegiatan seperti penyuluhan kesehatan baik kesehatan diri maupun lingkungan, melayani pengobatan, konsultasi kesehatan, dan lain-lain. Sehingga melalui kegiatan itu, diharapkan Puskesmas dapat menjadi pusat kesehatan masyarakat yang sebenarnya. Sistem penilaian kualitas pelayanan masih dilakukan secara konvensional yaitu menggunakan kertas dan masih memerlukan petugas yang berjaga untuk setiap poli pada proses penilaian tersebut. Sehingga terdapat pemborosan kertas dan sdm Oleh sebab itu dari permasalahan tersebut, pada pendaftaran pasien rawat jalan dibutuhkan pembuatan aplikasi pengolahan data kuesioner penilaian pada Puskesmas kebakkramat 2 berbasis android agar dapat menerima data penilaian dapat dimuat dan diakses melalui android, hal ini dilakukan agar sistem yang penulis buat dapat lebih efektif dengan hal2 yang terkait tentang penilaian kecepatan petugas, Kopetensi petugas, kesopanan serta keramahan petugas, kerapian berpakaian yang bertugas pada pelayanan puskesmas, kesesuaian persyaratan, kemudahan prosedur dan kewajiban biaya.

References

Afrillia Sutarviani, 2021 “Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Pajang Surakarta”. Universitas Duta Bangsa Surakarta. Tugas Akhir

Dharma, Akhmad Kasman (2016). “Trik Koolaborasi android dengan PHP dan My Sql”. Yogyakarta: Lokomedia

Edy Siswanto, 2021 “Mengenal Manfaat Penelitian, Pengertian, Karakteristik dan Jenis-Jenisnya”, Online: Http://Mengenail-Manfaat-Penelitian-Pengertian-Karakteristik-dan-Jenis-Jenisnya/ diakses pada 22 Februari 2022.

Ejournal 2017, “Pelaksanaan Fungsi Puskesmas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser”. Online:Nor Sanah (03-03-17-15-45).pdf. Diakses pada 20 Februari 2023

Ero Ari Wardana 2022. “Tinjauan Kupuasan Pasien Terhadap Pelayanan Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di RSUD Karanganyar”, Universitas Duta Bangsa Surakarta. Tugas Akhir.

Husada, I. A. W. S. B & P. A. Rosita (2018). “Faktor-faktor Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Dalam Pelayanan Pendaftaran Bagian TPPRJ di RSUD Harjono S Ponorogo”.

Nazir, Yusuf Aziz, 2022 “Ruang Lingkup Penelitian: Pengertian dan Contoh”, Online: Https://deepublishstore.com/blog/ruang-lingkup-penelitian/ diakses pada 22 Februari 2022

Kemenkes RI, 2017 “Profil Kesehatan Indonesia” Online: Profil-Kesehatan-Indonesia-Tahun-2017.pdf. Diakses pada 22 Februari 2023

Kemenkes RI, 2018, “ Data dan Profil Kesehatan Indonesia”, Online: Data-dan-Informasi_Profil-Kesehatan-Indonesia-2018

Notoadmojo 2018, “BAB II Tinjauan Pustaka Test Repository” Online: Https://Repository.poltekkes-tjk.ac.id Diakses pada 23 Februari 2023

Notoatmodjo 2018, “BAB IV Metode Penelitian”, Online: Https://eprint.umm.ac.id, Diakses pada 23 Februari 2023.

Notoadmodjo 2018, “Metodologi Penelitian Kesehatan”. Jakarta: Rhineka Cipta

Permenkes no 75, 2014 “ Peraturan menteri kesehatan republic idonesia”. Online: PMK No.75 ttg Puskesmas.pdf. Diakses pada 22 Februari 2023.

Pohan 2013,” Mutu dan Kepuasan Terhadap Pasien”. Online: Https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id. Diakses pada 22 Februari 2023

Rosa A.S dan M.Shalahuddin, “Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek edisi revisi”, Informatika Bandung, Bandung.

Safaat, Nazruddin H. 2012. “Pemrograman Aplikasi Mobile Smarthphone dan Tablet PC berbasis android”, Cetakan Pertama, Edisi Revisi, Penerbit Informatika Bandung.Bandung

Sannah 2017, “Mutu Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan”. Online: Http//Journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia.

Syafnidawaty, 2020 “Metode Waterfall” Online: Https://raharja.ac.id/2020/04/04/metode-waterfall/ Diakses pada 22 Februari 2023

Wikipedia, “Riwayat Versi Android dari masa ke masa”, Online: Https://id.m.wikipedia.org/wiki/riwayat_versi_Android. Diakses pada 22 Februari 2023

Yakub, 2012, “Pengantar Sistem Informasi”, Graha ilmu, Yogyakarta.

Yusuf Aziz, 2022 “Tujuan Penelitian Kualitatif & Kuantitatif”, Online: Https://deepublishstore.com/blog/tujuan-penelitian/ diakses pada 22 Februari 2022.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles