FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PETUGAS DALAM PELAYANAN WAKTU TUNGGU PASIEN DI RUMAH SAKIT
DOI:
https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.2844Keywords:
waktu tunggu, pasien rawat jalanAbstract
Waktu tunggu pasien dianggap sebagai salah satu indikator terpenting dari pelayanan kesehatan yang responsif oleh World Health Organization (WHO). Waktu tunggu yang terlalu lama menunjukkan ketidakefektifan pada pelayanan di rumah sakit. Pasien akan menilai pelayanan kesehatan berdasarkan waktu tunggu pelayanan daripada keahlian dan keterampilan petugasnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan rawat jalan di RSUD Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan Deskriptif. Penelitian dilakukan di RSUD Kabupaten Karanganyar pada bulan Desember 2022 - Maret 2023. Responden penelitian ini adalah 64 orang dengan perhitungan menggunakan rumus Solvin dengan populasi tenaga kerja di Instalasi Rawat Jalan. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor yang mempengaruhi pertugas dalam pelayanan waktu tunggu pasien di rawat jalan adalah kurangnya SDM, pencarian dokumen rekam medis masih inefisien, gangguan pada jaringan internet, komputer error, dan pelayanan masih menggunakan pendaftaran offline atau manual sehingga mempengaruhi lama waktu tunggu pelayanan. Agar dapat mencapai standar waktu tunggu pelayanan rawat jalan di RSUD Kabupaten Karanganyar, diperlukan penambahan jumlah SDM sesuai dengan kebutuhan serta didukung dengan kedisiplinan, kelengkapan sarana dan prasarana, SPO, dan pemberian pelayanan profesional.
References
Amalia, M. and Pratiwi, E. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Di Instalasi Rawat Jalan Rsud Luwuk Banggai Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021.
Binarto Budi Susilo, B. Et Al. (2019) Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Di RSUD Praya Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat, Jurnal Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat Journal Of Information Systems For Public Health.
Bustani, N.M. Et Al. (2015) Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara, Jurnal E-Biomedik (EBM).
Dalimunthe, M.B. (2018) Analisis Pengaruh Kedisiplinan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Perawat Pada Rumah Sakit Umum Delia Kabupaten Langkat Tahun 2018.
Dewi, S., Machmud, R. And Lestari, Y. (2019) Analisis Waktu Tunggu Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Achmad Darwis Suliki Tahun 2019, Jurnal Kesehatan Andalas. Available At: Http://Jurnal.Fk.Unand.Ac.Id.
Ema Tripurwaningsih (2020) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RSU Kharisma Paramedika Tahun 2020.
Fahrurazi, F.E. Et Al. (2022) ‘Factors Affecting Waiting Time In Outpatient Pharmacy At Hospital Raja Perempuan Zainab Ii (Hrpz Ii)’, Journal Of Pharmacy, 2(1), Pp. 1–7. Available At : Https://Doi.Org/10.31436/Jop.V2i1.105.
Febriyanti, D.H. Et Al. (2013) Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu.
Hairani Saragih, N. Et Al. (2020) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Permata Bunda.
Jayawardena, D. (2017) ‘Patients Waiting Time At Out Patient’s Department At The National Hospital Sri Lanka’, Journal Of Community Medicine & Public Health, 1(2). Available At: Https://Doi.Org/10.29011/2577-2228.100013.
Khan, H. And Singh, A.K. (2021) A Study On Waiting Time Of The Opd Patient In A Multispecialty Hospital, International Journal For Research In Applied Science & Engineering Technology (IJRASET). Available At: Www.Ijraset.Com.
Kusumawardhani, O.B., Adji, I.S. and Supriyanto, A. (2021) ‘Analysis of the Effect of Performance and Individual Characteristics of Medical Employees on Understanding of Accreditation in Karanganyar District Hospital’, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(4), p. 140. Available at: https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i4.2477.
Kusumawardhani, O.B., Damayanti, W. and Kusuma, T. (2022) ‘Implementation of the Accreditation Document Management System ( SISMADAK ) in Hospitals : Literature Review Pelaksanaan Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi ( SISMADAK ) di Rumah Sakit : Literature Review’. Available at: https://doi.org/10.30989/mik.v12i1.839.
Kusumawardhani, O.B., Widyastuti, K. and Rejeki, M. (2023) ‘Penyuluhan Peningkatan Akreditasi RS Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rehabilitatif Dalam Masyarakat’, 3(1), pp. 243–249.
Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102-112.
Manarap, J. (2017) ‘Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien (TPP) Rawat Jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul’.
Marlina, L. Et Al. (2021) Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pasien Ditinjau Dari Aspek Kepuasan Pasien Di Pelayanan Rawat Jalan (TP2RJ) Rumah Sakit.
Muhammad, M., & Arief, A. (2020). Evaluasi Faktor-Faktor Sukses Sistem Informasi Rumah Sakit pada Rumah Sakit XYZ Menggunakan Model Delone & Mclean. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 5(2).
Permenkes, 2022. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfusi Darah. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Pratama, T.A. and Sugiarti, I. 2022. Aspek Plan, Do, CheckdanActpada Pengendalian Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes 13(4), pp. 1092–1096. doi: http://dx.doi.org/10.33846/sf13439.
Purnaningsih, T. (2018) Skripsi Hubungan Disiplin Kerja Dengan Kualitas Pelayanan Prima Tenaga Administrasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun.
Puspitaloka Mahadewi, E., Heryana, A., Kurniawati, Y. and Ayuba, I. 2019. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Paru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang.
Reinhart Walakandou, R.J. Et Al. (2021) ‘Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Waktu Tunggu Pasien Dalam Masa Pandemik Covid 19 Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit’, Journal Of Public Health And Community Medicine, 2.
Rensiner, dkk, (2018). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Dr.Achmad Darwis. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(2), 1–8.
Simarmata, M. Et Al. (2021) ‘Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ)’, Jurnal Kesmas Dan Gizi (Jkg), 3(2), Pp. 245–252. Available At: Https://Doi.Org/10.35451/Jkg.V3i2.695.
Tetty, V., & Bone, A. T. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tunggu Pasien BPJS di Poli Umum Unit Rawat Jalan Rumah Sakit X. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 2(1), 29-35.
Torry, Koeswo, M. And Sujianto (2016) Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Kesehatan Kaitannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Klinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Available At: Http://Jkb.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jkb/Article/View/1645.
Triwardani, Y. (2017) ‘Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Pada Pelayanan Di Puskesmas Pamulang’.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.
Wahyuni, S. (2020) Karya Tulis Ilmiah Literature Review Analisis Waktu Tunggu Pada Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TP2RJ) Di Rumah Sakit Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panakkukang Prodi D3 Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Makassar 2020.
Yuansyah, R., Harahap, J. And Suroyo, R.B. (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Hasil Pemeriksaan Laboratorium Klinik Di RSUD Dr RM ’Djoelham Kota Binjai Tahun 2020, Journal Of Healthcare Technology And Medicine.