FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU ANAK DALAM PERSONAL HYGIENE DI TPA KECAMATAN SEDAYU BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.2841Keywords:
perilaku, personal hygiene, anak usia diniAbstract
Personal hygiene adalah upaya yang dilakukan oleh individu untuk menjaga kebersihan pribadinya agar terhindar dari penyakit. Masih rendahnya daya tahan tubuh anak di usia ini memungkinkan banyaknya penyakit yang akan diderita jika personal hygine anak tidak diperhatikan. Peran pengasuh yaitu sebagai pendidik, panutan, konsultan, pemberi dukungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi Perilaku Anak dalam personal hygiene DI TPA Kecamatan Sedayu, Bantul dengan jumlah populasi 100 orang pengasuh dan sample sebanyak 80 orang pengasuh. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian Diskriptif Korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner yaitu google form. Dengan hasil Terdapat hubungan antara usia pengasuh, ketrampilan pengasuh dan sikap pengasuh dengan perilaku anak diTPA kecamatan Sedayu. Kesimpulan: pengasuh yang memiliki usia yang lebih dewasa, ketrampilan dan sikap yang baik berhubungan dengan perilaku anak yang baik dalam personal hygiene. Saran: dengan adanya hasil dari penelitian ini diharapkan untuk bisa meningkatkan ketrampilan dan sikap yang baik tentang personal hygiene pada anak.
References
BPS. (2020). Persentase Tenaga Kerja Formal Menurut Jenis Kelamin (Persen), 2018-2020. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/6/1170/1/persentase-tenaga-kerja-formal-menurut-jenis-kelamin.html.
H. Miftachul Ulum, ST., M. (2016). B u k u uji validitas dan uji reliabilitas. Buku Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas, 67.
Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue April).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Laporan Kinerja Kementrian Kesehatan Tahun 2020. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2021, 1–224.
Nursalam. (2015). ILMU KEPERAWATAN Pendekatan PraktisNursalam. (2015). ILMU KEPERAWATAN Pendekatan Praktis. (P. P. Lestari (ed.); 4th ed.). Penerbit Salemba Medika.
Nursalam. (2020). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jilid 1. Jakarta : Salemba Medika
Notoatmodjo. (2018). Rancangan Penelitian dalam metode penelitian menggunakan Kuantitaif. Desain Penelitian, 53(9), 1689–1699.
Notoadmojo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Pitaloka, D. A., Abrory, R., & Pramita, A. D. (2018). Hubungan antara Pengetahuan dan Pendidikan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Desa Kedungrejo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Amerta Nutrition, 2(3), 265. https://doi.org/10.20473/amnt.v2i3.2018.265-270
Siyoto, S., & Sodik Ali, M. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing.
Suhrahman, Mochamad Rochmat, S. S. (2016). Metologi Penelitian (Vol. 321).
Syahrum,S, (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif by Drs. Syahrum, M.Pd (z-lib.org).pdf (p. 176). Citapustaka Media