EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MESIN ANJUNGAN PENDAFTARAN MANDIRI DI PUSKESMAS SENTOLO I KULON PROGO

Authors

  • Yuli Fitriyah Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia
  • Syarah Mazaya Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia
  • Irma Ardiani Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.2825

Keywords:

Anjungan Pendaftaran Mandiri, Evaluasi, Efektivitas

Abstract

Mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri adalah suatu fasilitas pendaftaran mandiri oleh pasien. Pasien yang mendaftar di Puskesmas Sentolo I Kulon Progo dibantu oleh petugas APM. Penggunaan mesin APM di Puskesmas Sentolo I Kulon Progo belum dilakukan secara efektif karena beberapa faktor, yaitu Man, Money, Method, MachineI. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektifivas pengguna APM, mengetahui penggunaan mesin APM, mengetahui faktor-faktor, dampak dan upaya dalam peningkatan efektivitas penggunaan APM di Puskesmas Sentolo I Kulon Progo.Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari pengguna APM, petugas pendaftaran, petugas APM dan petugas rekam medis. Data di analisis secara reduksi data dan disajikan dengan bentuk narasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya petugas APM sudah membantu dalam proses pendaftaran pasien, tetapi ada faktor yang menyebabkan tidak efektifnya penggunaan APM di Puskesmas Sentolo I Kulon Progo yaitu dari segi Man, Money, Method, dan Machine. Dampaknya proses pendaftaran terganggu, terjadi penumpukan pasien, pelayanan tidak dilakukan sesuai prosedur, pelayanan pendaftaran akan menjadi lama dan dilakukan secara manual. Upaya yang dilakukan petugas agar penggunaan APM efektif adalah sosialisasi tentang sistem APM, pembuatan SOP, pengecekan fungsi mesin APM, penambahan kualitas internet

References

DAFTAR PUSTAKA

Depkes, 2009. (2018). Pengertian Puskesmas. Blog_Details. Https://Puskesmas.Tangerangkota.Go.Id/ Home/Blog_Details/1/70

Dwimawanti (2004). Kualitas Pelayanan Publik. Kualitas Pelayanan Publik. Https://www.Coursehero.Com/File/1192 37115/574-1110-1-Pb-Kualitas- Pelayananpdf/

Gibson Et.Al. (2019). Pengertian Efektivitas Menurut Ahli Https://www.konsultanpsikologijakarta.com/

Hatta. (2012). Rekam Medis. Wordpress.Com. Https://Aepnurulhidayat.Wordpress.Com

/2016/08/27/Modul-Rekam-Medis-By- Aep-Nurul-Hidayah/

Menteri Kesehatan. (2021). Permenkes RI Nomor 43 Tahun 2019. Jogloabang. Https://Www.Jogloabang.Com/Kesehata n/Permenkes-43-2019-Puskesmas Undang-Undang Nomor 25, 53 Acta Universitatis Agriculturae Et Silviculturae Mendelianae Brunensis 1689 (2009). Http://Publications.Lib.Chalmers.Se/Records/Fulltext/245180/245180.Pdf%0Ahttps://Hdl.Handle.Net/20.500.12380/245180%0Ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Jsames.2011.03.003%0Ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Gr.2017.08.001%0Ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Precamres.2014.12

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1438/MENKES/PER/IX/2010 Tentang Standar Pelayanan Kedokteran. (2010). (Peraturan Menteri Kesehatan Republik IndonesiaNomor1438/MENKES/PER/IX/2010 Tentang Standar Pelayanan Kedokteran, 2010. Https://Www.Kemhan.Go.Id/Itjen/Wp- Content/Uploads/2017/03/Bn464- 2010.Pdf

Peraturan Pemerintah RI. (2018). Standar Pelayanan Minimal. 2.

Rusdiarti. (2008). Pengertian Method. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/46472/28/NAS KAH PUBLIKASI.Pdf

Setiawati. (2017). Manjakan Pelanggan Dengan APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri) Terobosan Baru Dari RSUD Wangaya Kota Denpasar. Berita. Https://Rsudwangaya.Denpasarkota.Go.I d/Berita/Read/14579

Wati, R. (2017). Sistem Antrian Pelayanan Pasien Pada Puskesmas Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan Dengan Menggunakan Metode Waiting Line. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(2), 91. Http://Www.Bsi.Ac.Id

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles