PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI UPTD PUSKESMAS SAWIT BOYOLALI

Authors

  • Puguh Ika Listyorini Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Pinkan Pratiwi Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ni’matu Zuliana Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Savira Luthfiana Putri Santoso Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.2109

Keywords:

puskesmas, mutu pelayanan, kepuasan, pasien

Abstract

Data kunjungan pasien di UPTD Puskesmas Sawit Boyolali pada tahun 2021 menunjukkan
jumlah kunjungan pasien sebanyak 10.042 orang pasien, namun jika dilihat tren kunjungan pasien
selama satu tahun cenderung menurun. Artinya ada hal yang menyebabkan kepuasan pasien
terhadap mutu pelayanan menurun. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan mutu
pelayanan terhadap kepuasan pasien pada pelayanan pendaftaran rawat jalan di UPTD
Puskesmas Sawit Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional, dengan
sampel sejumlah 95 pasien. Pengambilan data diperoleh melalui kuesioner yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya. Data yang di dapatkan, diuji dengan uji Kendall Tau.Hasil uji
statistik Kendall Tau diperoleh nilai signifikasi dri masing-masing variabel 0,0001 untuk
reliability, 0,0001 untuk responsiveness, 0,0001 untuk aasurance, 0,0001 untuk empathy dan
0,0001 untuk tangible. Dari analisis data diketahui bahwa variabel dimensi mutu pelayanan
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Diharapkan UPTD
Puskesmas Sawit Boyolali lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien
agar mutu pelayanan dapat bertahan dan meningkat.

References

Afifah, Nazwatul dkk. 2021. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien

Rawat Jalan Pada Bagian Loket Pendaftaran di UPT Puskesmas Tajau Pecah.

Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Aksebtalitasnya. Jakarta : Erlangga.

Dwi, Amelia Astuti. 2018. “Analisis Pengaruh Dimensi Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pasien Rawat Jalan Di RSUI Banyubening Boyolali Tahun 2018”. Fakultas Ilmu Kesehatan.

Jurusan Rekam Medik & Informasi Kesehatan. Apikes Citra Medika. Surakarta.

Eninurkhayatun, Biyanda dkk. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas

Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semaranf

Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5 (4).

Handayani, Sri. 2016. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas

Baturetno. Jurnal Profesi 14 (1).

Ibraheem WA, Ibraheem AB, Bekibele CO (2013). Socio-demographic predictors of patients’

satisfaction. Afr J Med Health Sci 12:87-90.

Kelarijani Jafari SE, Jamshidi R, Heidarian AR, Khorshidi M (2014). Evaluation of factors

influencing patient satisfaction at social security hospitals in Mazandaran province, North of

Iran. Caspian J Intern Med 5(4): 232-234.

Kemenkes RI, 2007. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 165/MENKES/SK/2007 Bab 1 Pasal

Ayat 4 tentang Pelayanan Rawat Jalan. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes RI. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2009 Tentang

Kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes RI. 2014. Keputusan Menteri Kesehatan RI tahun 2014 tentang Standar Pelayanan

Minimal Puskesmas. Jakarta: Kemenkes RI

Kuntoro, Wahyu dan Wahyudi, Istono. 2017. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di

Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal

Kesehatan Vokasional 2 (1).

Pamungkas, Gugum & Resmi Ranti Rosalina. 2018. Tingkat Kualitas Pelayanan Dengan

Kepuasan Pasien Kepesertaan JKN/KIS ditempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan UPT

Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bangdung. Jurnal Ilmu Kesehatan 13 (1).

Phantiasa, Guna & Leni Wijaya. 2020. Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan

Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Plaju Palembang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan dan

Pembangunan 10 (19).

Utami, Yeni Tri. 2018. Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di UPTD Puskesmas Penumping Surakarta. Infokes 8 (1).

Downloads

Published

2022-06-18

Issue

Section

Articles