EFEKTIVITAS MOBILE JKN BAGI MASYARAKAT: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Oktavy Budi Kusumawardhani Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Antasya Octaviana Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Yunita Martha Supitra Universitas Kusuma Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.1665

Keywords:

literature review, mobile jkn, bpjs kesehatan

Abstract

Digitalisasi sistem pelayanan BPJS Kesehatan semakin maju dengan terbit Aplikasi Mobile JKN.. Aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan terutama pasien rumah sakit yang mudah dan praktis. Pelayanan BPJS di rumah sakit sudah menggunakan layanan daring terintegrasi dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tindak Lanjut (FKRTL). Masyarakat merasa puas dalam penggunaan Aplikasi Mobile JKN untuk melakukan pendaftaran online, pengecekkan layanan kamar rawat inap, pelayanan rumah sakit dan penggantian informasi yang mudah, tidak harus ke kantor cabang terdekat. Pelayanan dan informasi yang diberikan melalui aplikasi sudah efektif dilihat dari waktu yang diperlukan dalam memberikan pelayanan, kecermatan pemberian layanan serta tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan karena sudah tersistem di aplikasi. Tetapi ada juga masyarakat yang masih enggan menggunakan Aplikasi Mobile JKN dan memilih untuk datang ke kantor cabang terutama pada masyarakat yang dari daerah sulit serta masyarakat yang kurang penggetahuan perkembangan teknologi yang dapat digunakan dengan satu genggam gawai. Studi yang dilakukan menggunakan literature review PICO pada media Google Scholar. Studi yang dilakukan untuk melihat efektivitas mobile JKN bagi masyarakat.

Kata Kunci : literature review, mobile jkn, bpjs kesehatan

References

Darmawangsa & Sanica, 2021, ‘Penggunaan Digitalisasi Program BPJS Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0’, Bali Health Journal, Vol. 5 No. 2

Herlinawati, dkk, 2021, ‘Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN’, Health Care: Jurnal Kesehatan, Vol. 10 No. 1, Juni 2021 pp. 78-84

Kusumawardhani, O.B. and Ripha, R.W., 2020. Systematic Review: Kendali Mutu Dan Biaya Program Rujuk Balik (PRB) BPJS Kesehatan. Proceeding of The URECOL, pp.149-164.

Oryza & Yunus, 2019, Pelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Pegawai Negeri Sipil Yang Tidak Terpenuhi Hak Pelayanan BPJS Kesehatan Di Kota Banda Aceh’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 3 No.3 Agustus 2019 pp. 564-572

Prasetiyo & Safuan, 2022, ‘Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Dalam Mengurangi Antrian’, Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol.7 No. 2 Februari 2022

Surya & Kur’aini, 2022, ‘Bisnis Kesehatan Berbasis Digital: Perceived Usefulness Terhadap Intensi Penggunaan Aplikasi Digital Telemedicine’, Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan, Vol. 5 No. 2 Mei 2022

Wulandari, dkk, 2019, ‘Inovasi BPJS Kesehatan Dalam Pemberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile JKN’, Jurnal Public Policy, Vol. 5, No. 2 Oktober 2019

Downloads

Published

2022-06-18

Issue

Section

Articles